Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten menyebutkan sebanyak 8.600 warga di daerah setempat telah menerima vaksinasi COVID-19 booster atau penguat kedua.

"Untuk vaksinasi COVID-19 dosis keempat di Kabupaten Tangerang saat ini sudah mencapai 51 persen atau mencapai sebanyak 8.600 orang," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dr Hendra Tarmizi di Tangerang, Senin.

Ia mengatakan dari jumlah 8.600 warga di Kabupaten Tangerang yang telah menerima vaksinasi COVID-19 penguat kedua atau dosis keempat ini adalah dari kelompok tenaga kesehatan (Nakes), lanjut usia (Lansia), pelayan publik dan masyarakat umum.

"Dan dari data cakupan vaksin ini yang menerima yaitu dari Nakes, Lansia, pelayan publik dan masyarakat umum," katanya.

Menurut dia, dengan pemberian vaksinasi COVID-19 dosis keempat ini dimaksudkan untuk melindungi tubuh dari penularan virus mematikan. Apa lagi, lanjutnya, saat ini banyak varian penyakit baru yang muncul di tengah masyarakat.

"Tentu dengan adanya vaksin booster ini ditujukan untuk menaikkan imun terhadap penyakit tertentu. Jadi kita berharap dengan vaksin dosis keempat tingkat kekebalan tubuh bisa meningkatkan 90 persen kekuatan tubuh dari serangan virus," ungkapnya.

Kendati demikian, pihaknya pun saat ini terus melakukan penambahan permintaan stok dosis vaksin sebagai upaya menggencarkan capaian vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat.

"Dan sekarang kita sudah mengajukan penambahan lagi dosis vaksin ke Pemprov Banten dan Kemenkes, untuk mendukung pemberian vaksin kepada masyarakat," tuturnya.

Kemudian, ia pu mengimbau kepada warga masyarakat Kabupaten Tangerang yang telah menerima vaksinasi COVID-19 dosis ketiga (booster) dapat melanjutkan untuk melakukan vaksinasi COVID-19 dosis keempat.

"Kami mengajak agar warga yang sudah menerima dosis vaksin booster untuk segera kembali ikut vaksin tahap keempat. Dan itu upaya meningkatkan kekebalan tubuh kita," ujarnya.

Ia menyebutkan, untuk capaian vaksinasi COVID-19 dosis pertama bagi masyarakat umum kini tercatat ada 80 persen atau sebanyak 2.282.636 jiwa dengan target sasaran yaitu 2.8 juta jiwa lebih.

Selanjutnya, capaian vaksinasi COVID-19 dosis kedua untuk masyarakat umum kini telah mencapai 1.9 juta jiwa atau setara dengan angka 68 persen. Kemudian, capaian vaksinasi untuk warga lanjut usia (lansia), dosis ke satunya mencapai 117.8 persen atau sebanyak 163.298 jiwa dan dosis dua 84.3 persen atau sebanyak 117.063 jiwa.

Sedangkan, lanjut dia, capaian vaksinasi dosis kesatu dan kedua bagi anak usia enam sampai 11 tahun kini telah mencapai 90.3 persen untuk dosis kesatu, sedangkan untuk dosis keduanya sebanyak 78.6 persen.


Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023