Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang Banten menyebutkan ikan patin yang ditebar di Sungai Cisadane untuk kegiatan mancing bersama merupakan hasil budidaya petambak lokal dengan kualitas unggul.

“Kita bekerja sama dengan petambak-petambak lokal yang ada di Kota Tangerang. Hasil dari budidaya mereka yang kita tebar di Sungai Cisadane ini untuk dipancing bersama saat ini,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang yakni Muhdorun di Tangerang Ahad.

Ia mengatakan sebanyak dua ton lebih ikan jenis patin lele ditebar di sepanjang Sungai Cisadane hari ini untuk memeriahkan kegiatan mancing bersama yang diikuti masyarakat umum.

Sejak pagi hingga sore hari, ribuan pemancing dari berbagai daerah ikut serta dalam kegiatan ini. Bahkan Wali Kota menambah jumlah ikan yang ditebar sebab animo masyarakat begitu besar.

Selain itu, kegiatan mancing bareng ini merupakan bentuk kolaborasi Pemkot Tangerang dengan masyarakat secara nyata. Selain menghadirkan perayaan yang relevan dengan kebiasaan masyarakatnya, peran petambak lokal juga sangat besar untuk turut mensukseskan. "Ini adalah kolaborasi bersama dengan para petambak," katanya.

Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah mengatakan mancing bareng ini bagian dari diseminasi budaya mengenai pentingnya lingkungan, ketahanan pangan, serta peran perairan dan perikanan dalam menggerakkan perekonomian lokal.

“Melalui perayaan ini kita bisa kumpul dan mancing bareng. Tujuannya, supaya masyarakat bisa lebih mencintai, menjaga, dan merawat Sungai Cisadane. Serta, mensosialisasikan ketahanan pangan, terutama terkait pangan ikan,” ucapnya.*

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023