Serang (Antara News) - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banten menggelar Kemah Bhakti Pemuda 2015 di Markas Grup Satu Kopasus di Serang, Senin.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Banten Opar Sophari  mengatakan, salah satu masksud dan tujuan kegiatan Kemah Bhakti Pemuda Provinsi Banten adalah dalam upaya untuk meciptakan pemuda-pemuda yang berprestasi, tangguh dan berpikir wawasan kebangsaan, dengan tidak meninggalkan keberpihakan bagi kepentingan masyarakat.

"Manfaat dan tujuan kegiatan ini sebagai upaya membangun sikap, karakter yang disiplin, tahan tantangan, jujur dan peduli akan sesama," kata Opar dalam pembukaan kegiatan tersebut.

Ia mengatakan, peserta kegiatan Kemah Bhakti Pemuda Provinsi Banten yang dilaksanakan selama tiga hari yakni mulai 26 sampai Tanggal 28 Oktober 2015 tersebut, diikuti peserta dari perwakilan organisasi kepemudaan binaan Dispora dari kabupaten/ kota se-Provinsi Banten.

"Kegiatan ini diikuti sebanyak 500 orang dari masing-masing perwakilan kabupaten/kota se-Banten," kata Opar.

Selain itu, kata Opar, kegiatan tersebut juga diharapkan menumbuhkan rasa kepedulian dan kesiapsiagaan para pemuda, guna mempersiapkan menjadi pemuda tanggap bencana di Provinsi Banten.

Kegiatan yang diselenggarakan di Grup I Kopasus Serang tersebut, dibuka  Gubernur Banten Rano Karno.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Banten Rano Karno mengharapkan, forum pemuda Banten ini nantinya dapat menjadi salah satu bagian penting dalam menjaga persatuan kesatuan dan kerukunan di Provinsi Banten. Selain itu, pelatihan oleh anggota Kopassus nantinya diharapkan dapat menguatkan mental dan kesiapan pemuda Banten, dalam menghadapi berbagai kemungkinan bencana di Provinsi Banten.

"Marilah kita lihat saudara kita yang ada di Sumatra dan Kalimantan. Untuk bernapas saja mereka susah setiap hari. Ini mungkin saja akan terjadi di wilayah Provinsi Banten, mudah mudahan forum pemuda Banten ini bisa aktif berperan apabila terjadi bencana-bencana seperti itu," kata Rano. 

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015