Tangerang (Antara News) - Salman Alfarizi sebagai Praktisi Creatif Digital mengatakan,    e-commerce telah memperbarui cara berbisnis untuk mempermudah pelaku usaha berinteraksi dengan pelanggan.

Ia mengatakan, sistem transaksinya dilakukan secara internal dengan mengubah komunikasi dalam bentuk digital serta menggunakan teknologi berbasis elektronika. Hal ini bertujuan untuk melakukan pekerjaan dalam area virtual. 

"E-commerce dikenal sebagai media baru yang penting untuk memperkaya produk dan jasa. Oleh karena itu adopsi teknologi informasi adalah esensial untuk aktifitas dan transaksi komersial," katanya.

Salman juga mengatakan, e-commerce saat ini dapat diakses melalui berbagai teknologi sehingga semua orang dapat dengan mudah memanfaatkannya.

Apalagi perkembangan penggunaan gadget saat ini memberikan kemudahan dalam komunikasi dan memakai e-commerce.

Tidak sedikit dari masyarakat memanfaatkan gadgetnya untuk mata pencaharian seperti membuka online shop dengan memanfaatkan media sosial misalnya instagram, twitter, facebook, blog, youtube, dan web. 

Namun untuk mengembangkan sebuah bisnis hal tersebut tidak cukup apabila tidak memiliki kemampuan dalam berkomunikasi dengan baik.

Untuk itu selain bisa memanfaatkan teknologi yang sudah ada, cara berkomunikasi juga sangat berpengaruh dalam sebuah bisnis. 

"Media sosial juga bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan kreativitas dalam berbisnis melalui media sosial yang mereka miliki sehingga terlihat lebih menarik," ujarnya.

Pengamat teknologi Informasi Universitas Budi Luhur, Hari Soetanto mengatakan, e-commerce mampu mempermudah dan meningkatkan bisnis dalam berwirausaha.

Ia mengatakan, perkembangan teknologi sekarang ini semakin canggih sehingga membuat jarak dan waktu bukan lagi menjadi masalah. 
 
Kemajuan ini tidak saja terjadi di satu bidang, namun telah di semua segi kehidupan manusia. Pada dekade sekarang, pengaruh teknologi informasi dan komunikasi tidak dapat dipungkiri dalam segmen bisnis dan pemerintahan. 

"Teknologi informasi dan komunikasi memfasilitasi dan membentuk keseharian individu dengan menawarkan berbagai jasa, salah satunya e-commerce," ujarnya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015