Pakar komunikasi publik, Sony Subrata menyampaikan bahwa Ibu Kota Nusantara adalah merupakan mimpi besar yang akan terwujud dengan gotong-royong dan kebersamaan karena optimisme masyarakat Indonesia. 

Sony juga menilai, IKN akan menjadi kota yang membahagiakan bagi warganya dan mampu menyatukan keberagaman. 

"Sebuah gagasan besar Bung Karno, yang kemudian berproses dan direalisasikan oleh Presiden Jokowi, IKN adalah mimpi dan kerinduan semua rakyat Indonesia yang ingin agar negara ini semakin maju dan semakin kuat. IKN adalah sebuah kota yang dibangun dengan visi yang jauh ke depan tapi tetap konkrit dalam pelaksanaannya," ungkap Sony Subrata pada hari Sabtu (11/02/2023) di Jakarta.

Sony juga menambahkan, dirinya optimistis bahwa pembangunan infrastruktur di Ibu Kota Nusantara (IKN) berjalan dengan lancar dan sesuai dengan lini masa yang telah direncanakan oleh Pemerintah Indonesia.

Optimisme Sony terhadap pembangunan IKN ini didasarkan pada pengalaman pemerintah membangun sejumlah infrastruktur besar di tanah air yang memiliki banyak tantangan, seperti membangun waduk, bandara, jalan tol dan lain-lain.

"Pembangunan IKN adalah bukti optimisme rakyat Indonesia. Berkaca dari berbagai infrastruktur di tanah air yang sudah dibangun, walaupun banyak tantangan, rakyat Indonesia terus mendukung proses pembangunannya. Konsep pembangunan IKN untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif dan merata, serta membentuk Superhub Ekonomi yang akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari upaya transformasi ekonomi di bagian Timur Indonesia,” tambah Sony.

Lebih lanjut Sony menambahkan bahwa pembangunan IKN ini disorot oleh dunia internasional karena negara-negara lain melihat Indonesia telah mampu mengerjakan berbagai pembangunan infrastruktur raksasa.

"Secara pribadi, melihat perkembangan IKN, saya sangat optimis bahwa seluruh rakyat Indonesia akan bangga dengan Ibu Kota baru ini. Seluruh dunia sedang melihat bagaimana Indonesia membangun ibukota barunya, di tengah berbagai tantangan yang ada," katanya.

Sejumlah investor dari Timur Tengah, Korea, Jepang, Malaysia, Belanda, Switzerland, Tiongkok dan negara-negara Skandinavia, sangat tertarik untuk berinvestasi di IKN. 

Berbagai perusahaan konsultan global pun sudah menyatakan niatnya untuk mendukung upaya pemerintah Indonesia melalui OIKN, termasuk dari McKinsey, BCG, Kearney, EY, Deloitte, PwC, KPMG dan lainnya.

Di akhir kesempatan, Sony Subrata juga menilai figur dari Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe selaku Kepala dan Wakil Kepala Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) adalah figur yang tepat untuk keberhasilan pembangunan IKN. Sony menyebut, keduanya bisa saling bekerja sama dan melengkapi serta keduanya dinilai sebagai sosok pekerja keras yang sama-sama diyakini bisa membangun ibu kota baru nantinya.

"Kepemimpinan Pak Bambang Susantono bersama Pak Dhony Rahajoe yang sinergis dan saling menguatkan merupakan kunci keberhasilan pembangunan IKN. Mereka berdua sama-sama pekerja keras dan sama-sama idealis dalam membangun ibu kota baru ini. Membangun struktur organisasi dan sistem kerja yang inovatif sambil terus menjaga transparansi dan kepatuhan. Saya yakin IKN akan sukses ditangan dingin tandem dua figur pemimpin ini," dijelaskan Sony Subrata.

Sony adalah salah satu tim komunikasi pendukung Jokowi sejak Pilkada tahun 2012, Pilpres 2014 dan Pilpres 2019.

"Presiden Jokowi adalah pemimpin yang tepat dalam mewujudkan IKN. Terbukti dengan kemampuannya mengatasi pandemi Covid-19 secara global dan nasional, dengan segala tantangannya. Beliau juga tidak diragukan lagi komitmennya dan keberhasilannya dalam membangun infrastruktur berskala raksasa. Saya optimis IKN akan terwujud sesuai rencana dan menjadi kebanggaan seluruh rakyat Indonesia," tutup Sony.

Pewarta: Susmiatun Hayati

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023