Komunitas Petani Lele Flamboyan Farm di Kelurahan Mekar Bakti, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang, kini bisa tersenyum senang. Pasalnya saat ini mereka baru saja menikmati hasil panen anakan lele yang berkali-kali lipat paska mendapatkan bantuan dari PLN Peduli.

Sebelumnya Komunitas Flamboyan Farm ini hanya memiliki delapan kolam bioflok. Hasil panen anakan ikan lele dari kolam tersebut pun hanya mampu memenuhi kebutuhan dua petani kecil di sekitar Flamboyan Farm.

Baca juga: Nikmati Promo Super Everyday PLN, Isi Daya Mobil Listrik dari Rumah Makin HematBaca juga: Nikmati Promo Super Everyday PLN, Isi Daya Mobil Listrik dari Rumah Makin Hemat

Namun kini hal tersebut tidak perlu lagi dikhawatirkan, karena saat ini Komunitas Flamboyan Farm tersebut telah mendapatkan bantuan berupa pendampingan dan tambahan kolam pembibitan ikan lele.

Ketua Komunitas Flamboyan Farm, Hermanto dalam keterangan tertulis, Senin (30/1/2023), menyebutkan bahwa bantuan yang diberikan oleh PLN sangat membantu kelompok petani untuk menjalankan dan mengembangkan usaha.

“Alhamdulillah berkat bantuan dari PLN kini kami dapat lebih banyak men-_supply_ anakan lele untuk para petani. Jangkauan kami pun menjadi lebih luas lagi, yang semula hanya untuk dua petani kecil di sekitar Kelurahan Mekar Bakti, kini kami bahkan dapat mengirimkan untuk Kawasan Kabupaten Tangerang,” ujar Hermanto.

PT PLN (Persero) UID Banten melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN Peduli memberikan bantuan berupa tambahan kolam lele, instalasi pengairan, dan pendampingan.

“Dengan pendampingan dan pelatihan ini sangat membantu meningkatkan produktivitas dan penjualan anakan lele. Bahkan kami merasakan peningkatan omset sebesar empat kali lipat,” tambah Hermanto.

Hermanto menjelaskan sebelumnya kami hanya dapat mencapai omset 6 juta rupiah di setiap panen, namun saat ini omset para petani Flamboyan Farm dapat meningkat hingga 24 juta per panen.

“Kami sangat bersyukur terhadap PLN UID Banten yang telah mendukung Flamboyan Farm, sehingga saat ini para petani dapat merasakan manfaatnya secara langsung. Kami pun tidak ingin hanya berhenti pada besaran materi semata namun juga ingin memberikan kontribusi kepada masyarakat dengan berbagi ilmu yang telah kami dapatkan,” lanjut Hermanto.

Semangat berbagi ilmu dan membudidayakan para petani kecil ini membuat Komunitas Flamboyan Farm dipercaya oleh Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang untuk membina seluruh pembudidaya ikan air tawar di Kabupaten Tangerang. 

“Kami ingin turut serta dalam memberdayakan masyarakat sekitar dan meningkatkan perekonomian masyarakat sehingga dengan adanya dukungan dari PLN UID Banten dan juga Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang kami dapat berbagi ilmu budidaya ikan air tawar dengan petani sekitar,” ungkap Hermanto.

Saat ini Flamboyan Farm juga dijadikan tempat edukasi untuk anak-anak sekolah belajar tentang budidaya ikan air tawar dan seringkali dijadikan tempat observasi mahasiswa dari beberapa universitas.

General Manager PLN UID Banten, Abdul Mukhlis menjelaskan bahwa PLN Peduli memberikan dukungan terhadap pemberdayaan masyarakat secara berkelanjutan. Ini merupakan bentuk PLN dalam melaksanakan Sustainability Development Goals (SDG’s) khususnya SDG’s 8 yaitu pilar pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi sehingga terciptanya komunitas yang berkelanjutan.

“Kami berkomitmen untuk memberdayakan masyarakat di sekitar agar memiliki tingkat ekonomi yang lebih baik dengan memberdayakan kemampuan yang dimiliki, juga diharapkan mereka bisa memberikan kontribusi juga untuk lingkungan sekitarnya,” ungkap Abdul Mukhlis.


 

Pewarta: Ridwan Chaidir

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023