Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menyatakan siap berkolaborasi dengan penyelenggara dalam rangka menyukseskan Pemilu Serentak 2024.

 "Fungsi kami selaku pemerintah daerah memfasilitasi agar semua berjalan dengan baik, lancar dan semua masyarakat terfasilitasi," ujar Tatu kepada wartawan usai pelantikan ratusan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 326 desa se-Kabupaten Serang di Lapangan Tenis Indoor, Setda Pemkab Serang, Selasa.

Terfasilitasi yang dimaksud, sebut Tatu, salah satu contohnya sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dengan memberikan ruangan di kantor kecamatan. Sedangkan terkait Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menjadi anggota PPS, Tatu memastikan hal tersebut diperbolehkan. 

"Karena aturannya seperti itu, yang punya kemampuan dipersilakan," ujarnya.

Tatu berharap PPS yang baru dilantik bisa segera bekerja sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing. 

Sebanyak 978 Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 326 desa se-Kabupaten Serang resmi dilantik, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang Abidin Nasyar.

Abidin mengungkapkan, setelah dilantik, PPS akan membentuk  Panitia Pendaftaran Pemilih(Pantarlih) untuk 4.972 tempat pemungutan suara (TPS). Setiap desa, terdapat 3 orang PPS. 

"Mereka langsung bekerja, karena tanggal 26 Januari, kita sudah menentukan nama-nama Pantarlih di Kabupaten Serang. Jadi PPS dilantik sekarang harus kerja," ujar Abidin. 

Ia menegaskan, PPS harus bekerja secara profesional, menjaga integritas, netralitalitas, dan integritas. Kemudian bekerja melayani masyarakat. 

"Jadi semua kita layani. Dan kita harus menunjukkan bahwa sebagai penyelenggara harus menyukseskan Pemilu 2024, khususnya di Kabupaten Serang," ujarnya. 

Abidin menambahkan PPS diperintahkan untuk mendata pemilih bersama Pantarlih yang dibentuk. Apalagi data calon pemilih dari Kemendagri sudah turun, maka perlu turun ke lapangan untuk memastikan kebenarannya. 

"Jadi salah satu pantarlih itu di lapangan memastikan data pemilih," ujarnya. 

Pewarta: Lukman Hakim

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023