Jakarta (Antara News) - Herbalife Indonesia perusahaan penyedia nutrisi global menyatakan komitmennya untuk terus mendukung prestasi atlet triathlon nasional agar mampu berprestasi dalam ajang internasional.

"Ini yang mendorong kami menjadi sponsor utama pada penyelenggaraan Bali International Triathlon 2015 yang akan dilaksanakan pada 25 Oktober di Jimbaran Bali," kata Country General Manager Herbalife Indonesia, Andam Dewi di Jakarta, Jumat.

Andam berharap melalui kegiatan ini akan menumbuhkan bibit-bibit baru atlet triathlon di Indonesia sehingga pada akhirnya mereka dapat berprestasi serta mengharumkan nama Indonesia pada ajang-ajang internasional lainnya.

"Ini merupakan dukungan yang ketujuh kalinya dalam penyelenggaraan Bali International Triathlon 2015 dari delapan kali penyelenggaraan. Kalau sebelumnya kita memberikan dukungan dalam bentuk booth services, pemberian nutrisi kepada atlet, maka saat ini menjadi sponsor utama/ title naming sponsor," kata Andam.

Andam berharap keterlibatan Herbalife Indonesia dalam ajang internasional seperti dapat berlangsung setiap tahun sejalan dengan kampanye Herbalife Indonesia untuk menerapkan gaya hidup sehat diantaranya melalui kegiatan olah raga.

Andam menjelaskan atlet-atlet terkemuka dunia tidak terbatas pada latihan agar dapat berprestasi, tetapi yang juga lebih penting asupan nutrisi. "Untuk latihan hanya 20 persen saja, sedangkan 80 persen asupan nutrisi," ujar dia.

Seperti triathlon, olah raga yang mengombinasikan lari, sepeda, dan berenang yang tentu saja tidak semata-mata mengandalkan kekuatan fisik saja, tetapi juga dibutuhkan stamina prima agar sampai garis finish, ujar Andam. 

Lebih jauh, Event Manager Bali International  Triathlon 2015, Dedy Suprasetyo mengatakan animo masyarakat untuk mengikuti kegiatan ini sangat besar sehingga diperkirakan terdapat 1.200 peserta yang akan berpartisipasi, baik itu dari Indonesia maupun luar negeri.

Bali International Triathlon 2015, jelas Dedy, mempertandingkan tiga kategori yakni Olympic (renang 1,5 kilometer, sepeda 40 kilometer, lari 10 kilometer), Sprint (renang 500 meter, sepeda 20 kilometer, lari 5 kilometer), serta 5 kilometer fun run.

Dedy menambahkan pada kegiatan saat ini panitia melakukan banyak perbaikan berdasarkan pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan keselamatan kepada peserta lomba.

Diantaranya, kerja sama dengan pengelola Tol Bali Mandara yang akan dioperasikan gratis untuk pengalihan arus pada saat lomba untuk mengurangi kepadatan lalu lintas. Panitia juga berkerjasama dengan kepolisian, pemerintah daerah Badung, Dinas Perhubungan, dan keamanan adat (pecalang), kata Dedy menjelaskan kesiapannya.

Pada gelaran ini diikuti beberapa atlet triathlon nasional beberapa yang dipastikan ikut berpartisipasi adalah Andy Wibowo dan Richard Sam Bera yang akan turun pada kategori Olympic.

"Bali International Triathlon 2015 merupakan keikutsertaan saya yang ketujuh. Ini merupakan ajang bergengsi di Asia Tenggara serta merupakan momentum bagus untuk memajukan olah raga triathlon di Indonesia," ujar Andy Wibowo.

Andy berharap kegiatan ini dapat diselenggarakan rutin setiap tahun karena dipastikan akan mendapat sambutan positif dari masyarakat Indonesia serta juga berdampak kepada gaya hidup masyarakat untuk lebih sehat dan aktif.

Pewarta: Ganet Dirgantoro

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015