Tangerang (Antara News) - SOHO (Small Office Home Office) atau lebih dikenal sebagai rumah kantor saat ini menjadi solusi bagi pengusaha yang ingin berkantor dengan biaya lebih terjangkau apalagi ditengah-tengah kondisi ekonomi yang belum membaik seperti sekarang ini, kata Presiden Direktur Aldebaran Group, Frans Lugito.

"Konsep SOHO saat ini sudah banyak diadopsi sejumlah perkantoran di kota-kota besar, terutama untuk sektor usaha yang bergerak dibidang industri kreatif," kata Frans di Tangerang Selatan, Rabu.

Frans mengatakan hal ini juga yang kemudian melatarbelakangi Aldebaran Group membangun Roseville SOHO & Suites di kawasan pusat bisnis BSD City Tangerang Selatan yang ternyata berhasil menjual 60 persen dari total unit yang dipasarkan.

Frans menjelaskan dengan semakin tingginya harga lahan di kawasan BSD City kehadiran SOHO yang dijual dengan harga 20 juta per meter persegi seolah-olah menjadi angin segar bagi para pengusaha yang ingin segera menjalankan bisnisnya.

"Beberapa pengusaha saat ini membutuhkan ruang kantor yang tidak terlalu luas. Kalau menyewa Ruko dua atau tiga lantai selain harganya untuk di kawasan BSD sudah terlalu tinggi, juga lantai atas tidak akan terpakai," kata Frans.

SOHO ini sangat tepat untuk pengusaha yang sedang memulai menjalankan bisnisnya (start up) dengan jumlah karyawan yang tidak terlalu banyak, jelas Frans.

"Untuk itu berbagai fasilitas akan dilengkapi di lahan seluas 7225 meter persegi seperti restoran  dan longue yang memungkinkan pengusaha mengadakan pertemuan dengan mitra kerjanya," ujar Frans.

Frans juga menambahkan sesuai namanya "rumah kantor" maka SOHO juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat tinggal (hunian) untuk itu di dalam kawasan selain dilengkapi dengan sekolah juga terdapat 15 taman konsep (thematic garden).

Dalam rangka mewujudkan proyek tersebut, Aldebaran Group menggandeng kontraktor PT Catur Bangun Mandiri (CBM) Premiere yang telah memiliki reputasi membangun 100 proyek terkemuka di dalam dan luar negeri.

Penandatanganan kontrak pembangunan proyek ini dilakukan oleh Frans Lugito dengan Presiden Direktur CBM Indratno S. Pribadi. Kontraktor diberikan target waktu sampai akhir tahun 2017 untuk menyelesaikan pekerjaan sehingga diharapkan pada awal 2018 sudah dapat dilakukan serah terima unit.

Indratno mengatakan kondisi ekonomi yang belum membaik saat ini tidak menyurutkan tekad CBM untuk segera memulai pekerjaan. "Kami saat ini selektif dalam memilih proyek dengan menggandeng pengembang yang memiliki reputasi sepertihalnya Aldebaran Group," ujar dia. 

Frans mengatakan, Roseville berlokasi di kawasan dengan harga tertinggi di BSD City, untuk itu pembangunan didesain untuk memberikan kenyamanan maksimum dengan jaminan investasi terbaik. Pengembang juga telah menggandeng Coldwell Banker Commercial yang telah berpengalaman mengelola apartemen premium di Jakarta. 

Aldebaran Group merupakan pengembang yang telah sukses membangun TIS Square di Tebet Jakarta dan BSD Square di BSD City kota Tangerang Selatan.

Pewarta: Ganet Dirgantoro

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015