Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop UKM) membuka Fasilitasi Nutrition Facts yang dapat diikuti atau dimanfaatkan para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM).

Kepala Disperindagkop UKM, Suli Rosadi di Tangerang Rabu mengatakan nutrition facts merupakan informasi nilai gizi yang harus tertera pada bagian dari sebuah label produk makanan atau minuman.

Sehingga, produk memiliki informasi yang lengkap berisi tentang kandungan zat gizi yang ada dalam bahan makanan atau minuman tersebut.

Pendaftaran, telah dibuka sejak 3 Januari hingga 22 Januari mendatang secara online melalui link https://bit.ly/3C9AcdD. Persyaratannya, KTP dan usaha di Kota Tangerang, khusus produk pangan dan produk buatan sendiri, sudah memiliki NIB, P-IRT dan sertifikasi halal. "Informasi lebih lanjut bisa melalui whatsapp di 0812-9029-7030," ujarnya.

Dijelaskannya fasilitasi nutrition facts secara gratis ini sebagai salah satu solusi untuk menjawab berbagai permasalahan yang dihadapi pelaku IKM. Khususnya, mengenai pemberian informasi terkait mutu, kualitas kandungan gizi produk dan masa kadaluarsa produk.

"Masih banyak IKM Kota Tangerang yang pemula, dengan hanya membuat kemasan saja belum mencantumkan kandungan gizi pada produknya. Jadi ini, sebagai dorongan agar IKM Kota Tangerang dapat bersaing di pasar global, sehingga lebih luas lagi jangkauan pemasarannya," jelas Suli.

Oleh karena itu dengan adanya kelengkapan nutrition facts para IKM juga memberikan jaminan kelayakan produknya pada konsumen. Memberikan kualitas produk yang baik, menjamin kepercayaan konsumen.

"Poin pentingnya, diharapkan produk IKM ini membanjiri pasar domestik dan melindungi hak konsumen dan pada akhirnya para pelaku IKM di Kota Tangerang dapat naik kelas," kata dia.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023