Serang (Antara News) - Bursa kerja yang digelar Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Banten menyediakan 5.787 lowongan pekerjaan untuk ditempatkan di berbagai perusahaan di wilayah Banten pada.  

"Upaya (penyelenggaraan bursa kerja) ini kami lakukan dalam upaya mengurangi tingkat pengangguran yang dirasa semakin banyak dari tahun ketahun. Lowongan kerja dibuka untuk usia produktif 15 hingga 35 tahun," kata Kepala Disnakertrans Provinsi Banten Hudaya Latuconsina di Serang, Rabu.

Bursa kerja itu berlangsung selama dua hari yakni Rabu-Kamis (26-27/8).

Menurut Hudaya, Job Fair 2015 merupakan kerjasama Disnakertrans Provinsi Banten dengan 20 perusahaan berbagai bidang yang ada di Banten.

Kedua puluh perusahaan yang mengikuti Job Fair tersebut menawarkan 5.787 lowongan dengan 70 kualifikasi jabatan.

Hudaya mengungkapkan Pemprov Banten masih dihadapkan dengan berbagai masalah dibidang ketenagakerjaan yakni jumlah pengangguran semakin meningkat dengan bertambahnya angkatan kerja.

Kemudian kesempatan kerja yang terbatas, rendahnya kualitas sumber daya manusia (SDM) serta masalah kemiskinan.

Hal itu ditandai dengan jumlah pelamar kerja pada perusahaan yang besar setiap kali bursa kerja diselenggarakan oleh Disnakertrans Banten.

Sementara itu, pemerintah Provinsi Banten menyediakan Balai Latihan Kerja (BLK) di Serpong Tangerang, atau BLK milik Pemerintah Pusat di Jalan Raya Pandeglang, Kota Serang bagi para pekerja usia produktif yang membutuhkan peningkatan keterampilan.

"Seluruh peserta latihan di dua tempat BLK tersebut, tidak dipungut biaya hingga memperoleh sertifikat," katanya.

Pihaknya mengimbau masyarakat Banten terutama yang belum bekerja, supaya menjadi pencari kerja yang memiliki kualifikasi atau profesional serta berbersertifikat.

Apalagi dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), persaingan dalam dunia kerja semakin ketat sehingga harus meningkatkan sumber daya manusia.

Sejumlah perusahaan yang menyediakan lowongan pekerjaan dalam Job Fair Disnakertrans Banten periode II 2015 di antaranya perusahaan jasa keuangan, super market atau perusahaan retail, perbankan serta industri. 

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015