Pandeglang (Antara News) - Bupati Pandeglang, Banten, Erwan Kurtubi menyatakan dukungan dari pemerintah pusat diperlukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir di daerah itu.

"Kita memang terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir, yang sebagian bekerja sebagai nelayan, dan usaha yang dilakukan akan lebih maksimal kalau didukung semua pihak, terutama pemerintah pusat dan Provinsi Banten," ujarnya di Pandeglang, Selasa.

Ia juga menyatakan, jumlah nelayan yang tinggal di wilayah pesisir sekitar 6.000 kepala keluarga dan sebagian besar hidup di bawah garis kemiskinan.

Terkait bantuan dari pemerintah pusat, menurut dia, setiap tahun selalu ada, baik dalam bentuk perlengkapan untuk penangkapan ikan maupun modal pengolahan hasil tangkapan bagi para istri nelayan.

Bahkan, kata dia, pada 2015  pemerintah pusat melalui Kementerian  Koperasi dan UKM serta Kementerian Kelautan dan Perikanan meluncurkan program bedah desa pesisir yang berlokasi di Kecamatan Labuan.

"Sudah banyak dan setiap tahun selalu ada bantuan dari pemerintah pusat, namun tentunya kita berharap bisa lebih ditingkatkan lagi," ujarnya.

Terkait program bedah desa pesisir, ia menyatakan akan mengusulkan agar pada tahun depan kembali diluncurkan di kecamatan lain di Kabupaten Pandeglang.

Di Kabupaten Pandeglang, kata dia, cukup banyak permukiman nelayan yang tersebar di beberapa kecamatan di wilayah pesisir, di antaranya Labuan, Carita, Panimbang, Cimanggu, dan Sumur.

Erwan juga menyatakan optimistis dengan adanya bantuan dari pemerintah pusat, hasil tangkapan nelayan setempat bisa terus meningkat, dan ini akan meningkatkan kesejahteraan keluarga nelayan.

"Dengan adanya bantuan alat tangkap dan mesin motor dari pemerintah pusat hasil tangkapan sudah meningkat. Kalau terus didukung dan diberi bantuan perlengkapan yang dibutuhkan akan lebih banyak lagi hasilnya," ujarnya.

Pewarta: Sambas

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015