Serang (Antara News) - Gubernur Banten Rano Karno meminta Dewan Kerajinan Nasional Daerah setempat konsisten mengembangkan warisan budaya kerajinan, membina penemuan, dan penggunaan teknologi baru.

"Perhatikan dan perjuangkan kepentingan pengrajin Banten dengan mendorong semangat kewirausahaan," kata Rano Karno dalam acara pelantikan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Banten sisa masa bakti 2012-2017 di Pendopo Gubernur Banten di Serang, Selasa.

Dalam kesempatan ini Dewi Indriati Rano dilantik sebagai Ketua Dekranasda Provinsi Banten sekaligus Ketua TP PKK Provinsi Banten oleh Erni Guntarti Tjahyo Kumolo sisa masa bakti 2012-2017.

Rano berharap Dekranasda Bantem kedepan dapat berperan aktif bersama-sama dengan seluruh SKPD dan pelaku usaha kerajinan, melakukan pembinaan dan pengembangan industri kerajinan daerah.

"Tingkatkan juga kualitas dan kreatifitas perajin Banten dalam meningkatkan daya saing, serta promosikan produk hasil kerajinan khas Banten untuk perluasan pangsa pasar di dalam dan luar negeri," kata Rano.  

Menurutnya, satu cabang seni budaya yang tumbuh dan berkembang secara kreatif dan dinamis di Banten adalah seni kriya atau seni kerajinan. Produk seni kerajinan di Banten, telah berperan nyata dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian rakyat yang dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat secara luas.

"Saat ini produk seni kriya di Banten seperti gerabah,  logam seperti golok, kain tenun baduy, batu fosil, batu kalimaya dan souvenir, telah banya dikenal di daerah. Kita menyadari upaya masih harus terus dioptimalkan," kata Rano.

Gedung Dekranasda Banten seluas 1.035 M2 di Cipocok Jaya Kota Serang, sudah diresmikan beberapa bulan lalu.  

Rano meminta sarana gedung tersebut bisa digunakan sebagai kantor, sarana pelatihan, workshop dan 'showroom' industri kerajinan, serta kegiatan yang konstruktif.

Ketua Dekranasda Banten Dewi Indriati Rano berkomitmen untuk melakukan pembinaan terhadap para perajin Banten, mengingat Dekranasda merupakan wadah untuk berhimpunnya para perajin dalam upaya meningkatkan kualitas produk kerajinan serta mengenalkannya kepada masyarakat luas.

"Mari bersama-sama kita majukan dan tingkatkan kualitas produk kerajinan Banten, supaya lebih dikenal dan diminati masyarakat luas," kata Dewi. 

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015