Saat ini  generasi milenial punya peran penting di perushaan. Buktinya BUMN banyak memberikan peluang bagi milenial menempati jabatan kunci di perusahaan plat merah tersebut.  Hal ini tak terlepas dari peran Erick Thohir sebagai Menteri BUMN.

Salah satu tren milenial mengisi posisi penting di BUMN adalah Holding Perkebunan PTPN Group. menurut Koordinator Komunitas Lensa Untuk Demokrasi (KLuD) Andi Siahaan  saat ini ada beberapa posisi kunci di manajemen yang diisi milennial.

Kiprah milennials yang sudah berjalan adalah inisiatif membangun budaya inovasi melalui ajang temu inovasi yang dinamakan Planters Innovation Summit (PIS) yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.  

"Tahun lalu berhasil melahirkan dua inisiatif strategis PTPN Group. Planters milenial lah yang menjadi motor menelurkan ide-ide kreatif untuk penyempurnaan perbaikan bisnis proses di PTPN," sebut Andi Siahaan, kamis (9/12/2022).

Milenial dijelaskannya bisa menjadi motor dalam transformasi yang tengah berlangsung di PTPN. Orang-orang muda di PTPN Group yang saat ini jumlahnya hampir 50 persen akan menjadikan organisasi perusahaan menjadi kuat untuk mengawal transformasi.

"BUMN PPerkebunan sebenarnya sudah punya pengalaman melakukan perubahan.  Di tahun 1996 PTPN jumlahnya 39 menjadi 14 dan PTPN III (Persero) telah ditunjuk menjadi Holding Perkebunan Nusantara pada tahun 2014. Dalam waktu dekat juga akan ada perubahan lagi dimana PTPN akan menjadi 3 Sub Holding. Dipundak para mileniallah diharapkan perubahan maju atau tidaknya manajemen ke depan, " ujar Andi Siahaan. 

Andi juga menambahkan  perkembangan aksi korporasi yang telah dilakukan Kementerian BUMN di bawah kepemimpinan Erick Thohir kepada Milennials PTPN Group. Beberapa di antaranya keberhasilan program transformasi BUMN, aksi-aksi korporasi BUMN, strategi komunikasi dan isu-isu komunikasi lainnya.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sebelumnya menargetkan 80 persen pegawai BUMN diisi oleh milenial atau anak-anak muda. Target ini sejalan dengan bonus demografi. Untuk saat ini, karyawan milenial di lingkungan BUMN mencapai 65 persen.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022