Serang (Antara News) - Gubernur Banten Rano Karno mengajak seluruh elemen masyarakat Banten untuk mengisi kemerdekaan dengan kerja nyata dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

"Perjuangan bangsa saat ini bukan dalam bentuk fisik, tapi bentuk kerja dan karya nyata untuk mewujudkan  kesejahteraan rakyat, meningkatkan cinta tanah air dan daya juang bangsa, memperkokoh persatuan dan perjuangan bangsa," kata Gubernur Banten Rano Karno dalam amanatnya sebagai inspektur upacara detik-detik proklamasi Kemerdekaan RI ke-70 tingkat Provinsi Banten di Lapangan KP3B di Serang, Senin.

Ia mengatakan, kemerdekaan yang diraih saat ini adalah hasil pengorbanan dan perjuangan para perintis kemerdekaan. Oleh karena itu, masyarakat Indonesia harus meneladani nilai kepahlawanan dan keperintisan pendiri bangsa, serta dijadikan sumber inspirasi dan kekuatan.

"Harapan itu bisa tercapai hanya dengan kerja dan kerja untuk membangun kejayaan Indonesia, hanya dengan kerja, kerja dan kerja Indonesia akan tetap berdiri kokoh dan mencapai cita cita mulia," katanya.

Menurut Rano, untuk mewujudkan kesejahteraan bangsa Pemerintah Provinsi Banten sudah berupaya melaksanakan kerja dengan meningkatkan  kerja pembangunan melalui semangat gotong-royong. Banten sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Banten telah memberikan kontribusi pembangunan yang secara umum meningkat dengan beberapa indikator diantaranya peningkatan  Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mencapai 72,32 pada 2014, Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) tumbuh 5,86 persen pada 2013, penduduk miskin turun menjadi 5,29 pada 2013, pengangguran turun 0,5 persen, rasio elektrifikasi mencapai 83,05 pada 2013 atau diatas rata-rata nasional 80,15 persen.

"Meskipun secara umum pembangunan di Banten mengalami kemajuan, namun masih banyak tantangan pembangunan baik dari kualitas dan kuantitas seperti peningkatan infrastruktur, penurunan angka pengangguran serta pelayanan dasar masyarakat dan reformasi birokrasi," kata Rano Karno.

Ia mengajak seluruh komponen masyarakat untuk kerja kerja dan kerja, wujudkan cita-cita pembangunan dengan kerja nyata.

"Saya akan berupaya bekerja sebaik mungkin demi kesejahteraan masyarakat dan kemajuan pembangunan di Banten," katanya.

Upacara detik-detik proamasi tingkat provinsi Banten diikuti peserta dari unsur TNI, Polri, ASN, Pelajar serta perwakilan dinas instansi vertikal di Provinsi Banten.

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015