Kontingen Kota Tangerang Banten berhasil meraih 16 medali dari cabang olahraga atletik dalam ajang Pekan Paralympic Provinsi (Peparprov) IV Banten dan menargetkan medali dalam pertandingan kategori lainnya yang dilaksanakan hari ini.

Penanggung jawab kontingen atletik Kota Tangerang yakni M. Sutyon di Tangerang Kamis mengatakan 16 medali yang diperoleh terdiri atas 12 medali emas, tiga medali perak dan satu medali perunggu. Medali tersebut dari pertandingan kategori lari 100 meter dan 200 meter, lompat jauh dan tolak peluru.

"Kami turunkan 15 atlet paralympic untuk beberapa kategori pertandingan atletik dan hasilnya sangat memuaskan yakni mengumpulkan 16 medali," katanya.

Perlu diketahui, pertandingan cabang olahraga (Cabor) atletik pada hari pertama yakni Rabu (7/12) dilaksanakan di Stadion Benteng Reborn, Kota Tangerang.

M Sutyon menjelaskan, pihaknya mengapresiasi upaya yang dilakukan para atlet misalnya kategori lari 100 meter dan dua meter, baik putra maupun putri berhasil meraih emas semua.

"Tunanetra dan tunadaksa kita unggul terbaik. Harus bangga dengan anak-anak kita tapi jangan berpuas diri. Pasalnya, besok masih banyak nomor pertandingan yang harus kembali diperjuangkan. Salah satunya lari 400 meter," jelasnya.

Sementara untuk pertandingan hari ini dengan kategori lari 400 meter, lempar lembing dan Lempar Cakram Kota Tangerang masih menargetkan delapan medali emas lagi.

"Tapi target ini rasanya bisa lebih. Percaya diri dan berjuang, tapi yang penting semangat dan mental para atlet ini yang harus dijaga. Karena memang treatmennya yang berbeda dengan atlet Porprov kemarin. Atletik kategori lari menjadi kekuatan medali emas Kota Tangerang," kata Sutyon.

Sementara itu, salah satu atlet yang berhasil menyumbang dua medali emas yaitu M Lucky Hidayat mengaku senang dan bangga atas raihan yang ditaklukkan. Latihan selama enam bulan terakhir pun terbayarkan dengan dua emas di lari 100 meter tunadaksa kualisifasi T36 dan lari 200 meter tunadaksa kualifikasi T36.

"Saya sudah pernah meraih emas di Peparpeda VII pada Juni lalu. Ajang itulah yang membuat saya lebih percaya diri menghadapi Peparprov IV Banten ini. Semoga besok di Lari 400 meter saya bisa kembali taklukkan emas untuk Kota Tangerang," ujarnya.

Sebagai informasi, Kategori Atletik pada Peparprov IV Banten memiliki tujuh kategori dengan 124 nomor pertandingan. Di antaranya, Lari 100 meter, Lari 200 meter, lari 300 meter, lompat jauh, tolak peluru, lempar lembing dan lempar cakram.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022