Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Pilar Saga Ichsan mengatakan pabrik V8 yang memproduksi soundsystem telah menjual produknya ke pasar Eropa sehingga menandakan jika produk lokal telah mampu bersaing di level internasional.

"Hal ini menandakan bahwa hasil karya orang Tangsel ini sudah mendunia. Tapi kita masih banyak yang belum tahu. Jangan-jangan masih banyak produk lainnya, yang potensinya bisa seperti itu," kata Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Pilar Saga Ichsan saat pelantikan kepengurusan Dekranasda Kota Tangerang Selatan tingkat Kecamatan Pamulang, Rabu.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Tangerang Selatan terus mendorong perkembangan 16 sub sektor ekonomi kreatif mulai dari kuliner, kriya, fesyen, desain produk, seni pertunjukan, fotografi, film, animasi video, DKV, arsitektur, desain interior, periklanan, musik, seni rupa, penerbitan, serta aplikasi dan pengembangan game.

"Ekonomi kreatif ini bukan gagahan aja, tapi itu menghasilkan ekonomi dan membuka lapangan pekerjaan," katanya.

Dikatakannya, optimalisasi perlu dilakukan karena Tangerang Selatan memiliki potensi ekonomi kreatif yang luar biasa serta kualitas sumber daya manusia yang sangat unggul. "Potensi yang besar ini harus terus dioptimalkan dan kembangkan," ujarnya.

Ketua Dekranasda Kota Tangsel, Truetami Ajeng Pilar Saga Ichsan mengatakan dengan dibentuknya Dekranasda tingkat kecamatan maka diharapkan dapat melakukan kerja sama dan kolaborasi dalam rangka mengembangkan potensi ekonomi kreatif dan kerajinan di Tangsel semakin baik.

"Tentunya kita bahu membahu membesarkan dan memberikan manfaat untuk Kota Tangerang Selatan dalam pengembangan ekonomi kreatif," ujarnya.

Apalagi, lanjutnya, Kota Tangerang Selatan sebagai kota yang memiliki realisasi belanja produk dalam negeri peringkat empat tertinggi se Indonesia serta anggaran UMKM peringkat lima terbesar.

"Ini membuktikan tingkat kepedulian Pemerintah Kota terhadap UMKM nya sangat tinggi, dan ini harus dimaksimalkan," ujarnya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022