Menjadi daya tarik tersendiri bahwa pertanian melon selain menjadi tempat budidaya buah melon, juga dapat dijadikan sarana wisata edukasi yang menarik. Hal tersebutlah yang melatar belakangi program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN UID Banten mengembangkan pertanian Melon di Kaliasin, Kecamatan Sukamulya, Kabupaten Tangerang, Banten.

Bantuan yang diberikan oleh PLN UID Banten berupa pelatihan bagi para petani melon, seperti pelatihan budidaya, pengembangan eduwisata, kelembagaan, promosi dan marketing melalui media sosial. Pembekalan tersebut diberikan untuk para petani yang akan mengelola eduwisata sehingga dapat berkembang dan berkelanjutan.

Baca juga: PLN Peduli beri pelatihan olah sampah organik, Omset usaha Maggot binaan PLN Banten naik 10 kali lipat

Asisten Manager TJSL PLN UID Banten, Rekky Salfischberger di Tangerang, Kamis (1/12/2022) mengungkapkan bantuan pelatihan ini untuk pemberdayaan petani dan masyarakat untuk mendukung program wisata "agriculture" berbasis edukasi.

"Program TJSL Eduwisata ini bertujuan untuk mendukung para petani dan masyarakat sekitar, agar berdaya dan mengembangkan potensi ekonomi dari lahan melon, yang tidak hanya untuk bertani melon namun juga dapat menciptakan peluang pariwisata," ujar Rekky.

Lebih lanjut Rekky menjelaskan bahwa berjalannya eduwisata ini berkat sinergi antara PLN, Pemerintah, dan petani melon. "Kerjasama antara petani melon, pemerintah dan PLN harus tetap terjaga. Eduwisata melon ini menjadi wisata edukatif bagi para generasi muda khususnya anak sekolah dan para remaja Kabupaten Tangerang". 

Kesempatan lain, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang, Asep Jatnika mengutarakan terkait peningkatan produksi pertanian. “Industri pertanian di Kabupaten Tangerang semakin hari semakin mengalami peningkatan. Maka dibutuhkan produk pertanian yang stabil keberadaannya, salah satunya melon sehingga kami sangat mengapresiasi Langkah PLN yang dapat melihat peluang bagi para petani melon ini. Kami harapkan semoga eduwisata ini dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan sosial masyarakat sekitar.”

Rasa syukur dirasakan oleh Ketua Kelompok Tani Muda Lentera Panameng, Rivan Rudiansyah yang berterimakasih kepada PLN atas bantuan yang diberikan.

“Saya berterima kasih kepada PLN UID Banten atas bantuan program TJSL yang diberikan. Pembuatan gazebo, saung umkm, pengelolahan lahan, playground, bantuan peralatan tani dan pemasangan listrik,” ucap Rivan.

Pewarta: Ridwan Chaidir

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022