Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tangerang Banten menyebutkan, cabang olaharaga panjang tebing menjadi penyumbang terbanyak medali dari total 47 cabor yang dipertandingkan.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tangerang yakni Kaonang di Tangerang Rabu mengatakan cabor panjat tebing meraih 24 emas, 10 peran dan delapan perunggu.

Baca juga: Kontingen Kabupaten Serang Naik Satu Strip di Ajang Porprov VI Banten

Lalu urutan kedua terbanyak adalah cabor dayung dengan 15 emas, tujuh perak dan tujuh perunggu. Lalu cabor renang meraih 13 emas, enam perak dan sembilan perunggu.

"Ada tiga cabor yang meraih medali paling banyak yakni panjat tebing, dayung dan renang," ujarnya dalam keterangannya.

Namun Kaonang menegaskan, seluruh atlet dari semua cabang olahraga telah memberikan yang terbaik untuk Kota Tangerang. "Pemerintah Kota Tangerang menuturkan rasa bangga dan terimakasih pada seluruh atlet, pelatih, official dan semua yang terlibat atas desikasinya untuk Kota Tangerang," katanya.

Iwan Hermawan salah seorang pelatih cabor Panjat Tebing menyatakan 42 medali yang diraih sudah lebih dari yang ditargetkan. Hampir semua emas di kategori Panjat Tebing diraih kontingen dari Kota Tangerang.

Diantaranya adalah  Lead Team Putra dengan atlet Akbar Rafi, Alamsyah Cahya dan Ridow Agus. Lead Team Putri dengan atlet Ade Andriani, Karin Nur dan Rahma Aqillah, kategori Lead Mix dengan atlet Alamsyah Cahya dan Ade Andriani.

"Semua lead perorangan putra putri juga ditaklukkan Kota Tangerang. Kategori Speed World Record Rellay Putra, Speed Klasik Perorangan Putri, Speed Klasik Kelompok Umr Perorangan Putra, Speed Klasik Team Putra dan Putri juga meraih emas," ungkap Iwan dalam keterangannya.

Perlu diketahui Komite Olahraga Nasional Indonesia (Koni) Banten menetapkan Kota Tangerang sebagai juara umum dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Banten Tahun 2022 dengan meraih 638 medali.

"Satu pelajaran yang bisa dipetik, siapa yang paling siaplah yang bisa meraih prestasi maksimal," kata Edi di Stadion Benteng Reborn Tangerang, Rabu.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022