Pemerintah Kota Tangerang Banten melalui Disperindagko-UKM mencatat nilai transaksi UMKM dari setiap venue pertandingan selama ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Banten dalam sehari mencapai Rp22 juta.

Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin di Tangerang Selasa mengatakan keterlibatan pelaku UMKM dengan membuka stand di setiap venue, memberikan dampak positif karena meningkatkan penjualan.

"Catatan kami, setiap venue nilai transaksi mencapai Rp22 juta. Ini jelas sangat membantu penjualan bagi pelaku UMKM di masa pemulihan ekonomi," ujarnya.

Perlu diketahui, Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Banten berlangsung mulai dari tanggal 20 - 29 November 2022. Totalnya ada 59 venue yang disiapkan untuk pertandingan 47 cabang olahraga.

Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro, Disperindagkop UKM yakni Handayani mengatakan Porprov VI Banten juga sukses menaikan gairah geliat UMKM Kota Tangerang.

Pihaknya melibatkan 187 UMKM se-Kota Tangerang yang disebar di 20 venue yang terletak di sembilan kecamatan. "Pelaku UMKM di setiap venue berhasil meningkatkan perekonomian di Kota Tangerang," katanya.

Ia pun menjelaskan, venue dengan penghasilan tertinggi ialah Stadion Benteng Reborn dengan rata-rata mulai Rp15 juta hingga Rp22 juta per harinya. Sedangkan di venue lainnya, rata-rata mendapat penghasilan jutaan rupiah.

"Ini menjadi bukti nyata keberhasilan Porprov VI Banten dalam lini perekonomian melalui geliat UMKM. Dengan ini, Pemkot Tangerang akan berupaya UMKM dapat terus terlibat diberbagai event di Kota Tangerang," katanya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022