Tangerang (Antara News) - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) melibatkan sebanyak 20 dokter spesialis untuk mengecek kesehatan para bakal calon peserta pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, Banten.

Ketua IDI Tangerang Selatan Imbar Margasari di Tangerang, Selasa, mengatakan ke-20 dokter tersebut terdiri dari berbagai keahlian dan akan mengecek para bakal calon wali kota dan wakil wali kota secara maraton.

Untuk setiap calon peserta pilkada serentak, Desember 2015, lanjutnya, akan diperiksa selama enam jam setelah dirinya mengisi formulir pengecekan, kata Imbar yang sekaligus penanggungjawab tes kesehatan para bakal calon peserta pilkada itu.

Ia menjelaskan bahwa ada 11 tahapan yang akan dilalui untuk setiap masing - masing bakal calon peserta pilkada yakni mulai dari pendaftaran, pengisian formulir, cek medik, laboratorium, USG Abodemen, pengambilan darah, USG besar, pemeriksaan mata dan radiologi.

Usai makan siang, dilanjutkan dengan pemeriksaan paru - paru, jantung, penyakit dalam, gigi, THT, mulut hingga psikiater, katanya.

"Ada beberapa tahapan untuk pemeriksaan kesehatan. Totalnya ada 11 kesehatan dengan waktu enam jam," ujarnya.

Imbar pun menambahkan bahwa RSUD Tangerang Selatan dinyatakan siap untuk menjadi tempat tes kesehatan.

Meski sebelumnya, ada beberapa alat kesehatan yang belum terpenuhi, tetapi, ia optimistis dalam waktu tidak lama, dapat terpenuhi.

"IDI Tangerang Selatan baru dibentuk dan kami langsung menyiapkan proses cek kesehatan calon wali kota. SK pun telah diberikan kepada KPU," ujarnya.

Pada hari ini, Selasa (28/7), pasangan Airin Rachmi Diany - Benyamin Davnie menjalani pemeriksaan kesehatan yang pertama.

Pasangan yang diusung oleh Golkar, PKB, PAN, Nasdem, PKS dan PPP tersebut, mulai menjalani tes kesehatan pukul 11.00 WIB setelah sebelumnya melakukan aktivitas rutinitas sebagai kepala daerah.

Perlu diketahui Airin dan Benyamin saat ini menjabat sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015