Serang (Antara News) - Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Banten, Hudaya Latuconsina segera dilantik menjadi penjabat Bupati Serang untuk mengisi jabatan Bupati Ahmad Taufik Nuriman dan Wakil Bupati Ratu Tatu Chasanah yang masa bhaktinya berakhir 28 Juli 2015.

Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Banten Siti Ma'ani Nina di Serang, Minggu, mengatakan kepastian penunjukan Hudaya sebagai penjabat Bupati Serang tersebut menyusul diterimanya surat keputusan (SK) Nomor 131.36-4601 Tahun 2015 tentang pengangkatan Penjabat Bupati Serang Provinsi Banten, yang diterima Pemprov Banten dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Jumat (24/7/2015).

"SK-nya sudah kami terima, pelantikannya nanti pada 28 Juli sekitar pukul 10.00 WIB di Pendopo KP3B," kata Nina.

Dia mengatakan, pihaknya sudah menerima tiga SK, pertama SK Nomor 131.36-4599 Tahun 2015 tentang pemberhentian Bupati Serang, kedua SK Nomor 132.36-4600 Tahun 2015 tentang Pemberhentian Wakil Bupati Serang, dan ketiga SK Nomor 131.36-4601 Tahun 2015 tentang pengangkatan Penjabat Bupati Serang Provinsi Banten.

Menanggapi hal tersebut, Hudaya menyatakan kesiapannya mengemban tugas tersebut. Agenda penting menurutnya yaitu menyukseskan penyelenggaraan Pilkada Serentak 9 Desember mendatang.

Ia juga menyatakan akan menjaga netralitas aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemkab Serang.

"Pertama tentu saja konsolidasi dengan pihak-pihak yang bertanggungjawab atas keamanan ketertiban penyelenggaraan pilkada. Kemudian, bagaimana saya menjaga netralitas para ASN untuk konsisten dalam posisinya sebagai aparatur yang menjalankan pemerintahan tanpa harus terganggu dengan hiruk-pikuk pilkada," kata Hudaya.

Ia mengaku tidak kaget atas tugas tambahan yang kemungkinan  akan menyita tenaga, pikiran, dan waktunya. Ia menganggap, tugas tersebut sebagai hal yang biasa dalam konteks perintah gubernur.

"Enggak harus kaget. Ini kan tugas tambahan yang sewaktu-waktu diberikan gubernur. Memang harus ekstra serius dalam pembagian waktu, karena bagaimanapun keseharian saya tetap sebagai kepala dinas yang kinerjanya tetap harus terkontrol, efektif," kata Hudaya.

Setelah dilantik, ia akan langsung melakukan koordinasi dan konsolidasi di lingkup Pemkab Serang dan memastikan fungsi pemerintahan berjalan dengan baik dan efektif.

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015