Lebak (Antara News) - Penumpang di Stasiun Kereta Api Rangkasbitung Kabupaten Lebak, Banten, selama Lebaran H-7 sampai H+3 mencapai 108.075 orang.

"Sebagian besar penumpang arus mudik dan arus balik dari DKI Jakarta," kata Kepala Stasiun Rangkasbitung Urip saat dihubungi di Lebak, Rabu.

Ia mengatakan, penumpang Lebaran tahun ini meningkat sekitar 10 persen dari tahun sebelumnya mencapai 98.930 orang.

Kemungkinan arus balik terus bertambah karena masih banyak penumpang belum semuanya kembali ke daerah asalnya setelah merayakan Lebaran di kampung halaman.

Penumpang arus balik dari wilayah Kabupaten Lebak, Pandeglang dan Serang sampai Minggu (26/7).

Meskipun terjadi kepadatan penumpang, mereka para pemudik terangkut dengan mengoperasikan 15 kereta keberangkatan dan kedatangan itu.

"Kami menjamin semua penumpang Lebaran terangkut dan tidak ada yang terlantar," ujarnya.

Menurut dia, pemudik Lebaran yang menggunakan jasa angkutan kereta tahun ke tahun terus meningkat, sehingga diperlukan pelayanan yang optimal.

Pihaknya mendesak PT Kereta Api Indonesia segera mengoperasikan Commuter Line Rangkasbitung-Jakarta yang kini pembangunan infrastuktur jaringan listrik satu jalur selesai.

"Kami optimistis pengoperasian Commuter Line dapat mengatasi lonjakan penumpang," katanya.

Selama ini, kata dia, masyarakat menggunakan jasa angkutan KA itu cukup tinggi, karena memiliki keunggulan dibandingkan moda transportase lain.

Keunggulan kereta itu, selain tarifnya murah dan terjangkau masyarakat juga lebih nyaman dan aman.

Apalagi, semua rangkaian gerbong kereta dilengkapi dengan alat pendingin atau AC.

Selain itu jaminan keamanan terlayani dengan baik, bahkan KA Ekonomi kini sudah tidak ada lagi orang berjualan dalam kereta.

"Kami komitmen memberikan pelayanan yang aman, nyaman dan selamat sampai tujuan," ujarnya.

Ia menyebutkan, pihaknya telah mengoperasikan sebanyak 15 kereta api diantaranya KA Kelas Ekonomi, Ekpres Rangkasjaya, KA Ekpres Kalimaya dan Ekpres Krakatau.

Pemberangkatan dari Stasiun Rangkasbitung menuju Serpong-Jakarta pukul 04.15 WIB dan perakhir pada pukul 17.30 WIB.

Kebanyakan penumpang arus balik itu melalui Stasiun Rangkasbitung kebanyakan menuju Parungpanjang-Serpong-Kebayoran-Palmerah-Tanahabang-Angke.

Selain itu juga jurusan Serang-Cilegon-Merak.

"Kami memberikan pengamanan kepada pemudik dengan melibatkan TNI, Polisi dan petugas keamanan dalam (PKD) stasiun," katanya.

Sementara itu, Sugeng, penumpang arus balik mengaku dirinya hari ini kembali ke Jakarta karena perusahaanya sudah kembali bekerja.

"Kami hari ini harus kembali ke Jakarta setelah mudik Lebaran di Rangkasbitung," katanya.

Pewarta: Mansyur

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015