Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tangerang Banten menyebutkan ada sejumlah cabang olahraga yang sudah menggelar pertandingan sebelum pembukaan resmi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Banten pada 20 November 2022.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tangerang Kaonang di Tangerang, Kamis, menuturkan cabang olahraga tersebut di antaranya bola tangan outdoor, gate ball, hoki indoor, sepak bola, sepak takraw, anggar, karate, sepeda ITT, drumband LKKB, drumband LBJP, drumband LBB dan LUG, panjat tebing, renang, senam aerobik, bridge, catur, dan pentaque .

“Hal tersebut dilakukan karena venue yang digunakan akan bergantian dengan cabang olahraga lainnya, dan proses pertandingannya yang lama,” kata Kadis Kaonang dalam keterangannya.

Ketua Umum Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Kota Tangerang, Chaerudin Arfiansyah mengatakan cabang olahraga drum band telah melaksanakan pertandingan pertama dengan mata Lomba Berbaris Jarak Pendek (LBJP) di Stadion Benteng Reborn, Kota Tangerang, pada Rabu (16/11/22).

Ia menjelaskan pada pertandingan tersebut diikuti atlet dari lima Kabupaten/Kota yaitu Kota Serang, Kota Cilegon, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan dan Kota Tangerang dengan memperebutkan tujuh mendali dengan tujuh kategori.

Sementara itu untuk cabang drum band akan melaksanakan empat mata lomba yaitu LBJP, Lomba Ketahanan dan Ketepatan Berbaris (LKKB), Lomba Baris-Berbaris (LBB) dan Lomba Unjuk Gelar (LUG).

Untuk pertandingan LBJP ada tujuh kelas yang di pertandingkan antara lain beregu putra 400 meter, beregu putri 400 meter, beregu putra 600 meter, beregu putri 600 meter, beregu putra 800 meter, serta campuran 400 meter dan 800 meter.

Adapun bentuk penilaiannya seperti kecepatan, ketepatan, dan nanti akan dikurangi dengan nilai-nilai pinalti. "Jadi kalau jalan di LBJP jalan santai, jika kalau ada yang lari maka nanti akan dipastikan itu merupakan penalti," katanya.

Atlet perwakilan dari Kota Tangerang, Ibrahim dan Gaida mengungkapkan kebanggaannya dapat mewakili Kota Tangerang, dan mereka berharap bisa meraih seluruh medali pada cabang drum band.

“Bangga banget, dari ribuan remaja yang ada di Kota Tangerang tapi saya bisa mewakili Kota Tangerang. Sebagai tuan rumah kita pasti berupaya agar Kota Tangerang dapat meraih semua medali,” katanya

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022