Pandeglang (Antara News) - Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMD) Kabupaten Pandeglang Tatan Effendi menyatakan belum menerima seluruh laporan hasil pemilihan kepala desa (pilkades).

"Laporan melalui berita acara dari tingkat desa dan kecamatan belum seluruhnya kita terima, dan kami masih menunggu," katanya di Pandeglang, Kamis.

Meski demikian, kata dia, jadwal pelantikan 206 kepala desa hasil pilkades 14 Juni 2015 tidak berubah, yakni akan dilaksanakan pada 27 Juli 2015.

"Sesuai jadwal para kades yang terpilih melalui pilkades serentak di 206 desa akan dilaksanakan 27 Juni bertempat di pendopo dan direncanakan oleh Bupati Pandeglang," katanya.

Untuk itu, ia berharap agar semua proses pilkades, termasuk laporan melalui berita acara segera selesai sehingga pelantikan sesuai jadwal dan dapat berjalan dengan lancar.

Terkait dengan pelaksanaan pilkades serentak, menurut dia, relatif berjalan lancar meski pada beberapa desa ada permasalahan, dan saat ini sedang diupayakan penyelesaiannya bersama dengan tim pemilihan.

"Dari beberapa permasalahan yang terjadi, rata-rata terkait dengan kepanitian pada tingkat desa. Saya yakin bisa diselesaikan," kata Tatang.

Tatang menyatakan, jika panitia desa melaksanakan tugas sesuai aturan dan dilakukan dengan penuh kehati-hatian maka itu bisa permasalahan bisa dihindari, atau minimal diminimalisasi.

"Memang kenyataannya ada masalah, kami tidak tahu apakah dipicu adanya panitia tingkat desa yang tak independen atau masalah lain, tapi yang jelas diusahakan diselesaikan dan diharapkan tak menimbulkan permasalahan di kemudian hari," katanya.

Pemerintah Kabupaten Pandeglang menggelar pilkades serentak di 206 desa pada 14 Juni 2015, dan untuk kegiatan pesta demokrasi itu pemda mengeluarkan anggaran Rp2 miliar berasal dari APBD 2015.

Pewarta: Sambas

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015