Satuan Tugas (Satgas) Penanganan dan Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Tangerang, Banten menjadwalkan sebanyak 7.900 tenaga kesehatan (nakes) di daerah itu akan divaksin  penguat (booster) setelah mendapat tambahan dosis vaksin dari pemerintah pusat.

"Jadi setelah kita menerima tambahan dosis vaksin COVID-19, melalui puskesmas/fasilitas kesehatan yang ada kita langsung memberikan vaksinasi kepada mereka (nakes) sesuai target awal," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Tangerang, dr Hendra Tarmizi di Tangerang, Sabtu.

Baca juga: Bupati targetkan perbaikan ruas jalan di Tangerang selesai 2023

Ia menyebutkan, sejauh ini penerima vaksinasi booster terhadap sumber daya manusia (SDM) dari tenaga kesehatan di Kabupaten Tangerang tersebut baru mencakup sekitar 3.400 orang.

Dari capaian itu, lanjut dia, dinilai sangat minim dikarenakan pada beberapa pekan lalu pihaknya terkendala dengan ketersediaan dosis vaksin COVID-19 yang kosong.

"Dari target awal sebanyak 11.300 orang, baru terealisasi sebanyak 3.400 orang. Jadi sekarang setelah menerima dosis kita akan lanjutkan pemberian vaksin kepada 7.900 orang sisanya," ujarnya.

Ia menambahkan, Pemerintah Kabupaten Tangerang juga kini akan terus mengupayakan pemberian vaksinasi penguat kepada masyarakat umum, baik dosis pertama maupun kedua sesuai arahan dari pemerintah pusat.

"Selain nakes, kita juga menargetkan masyarakat umum akan mendapat vaksin penguat sesuai arahan pemerintah pusat," katanya.

Sementara itu, berdasarkan data capaian vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Tangerang pada tahap pertama tercatat telah mencapai 80 persen. Dimana, warga yang kini telah mendapatkan dosis vaksin mencapai 2,2 juta lebih dari target sasaran 2,8 juta jiwa.

Sedangkan, capaian vaksinasi dosis lengkap atau tahap ke dua sudah tercatat sebanyak 1,9 juta jiwa atau 67,6 persen.

Kemudian, untuk capaian vaksinasi booster atau tahap ketiga kini baru sebanyak 672.613 ribu jiwa atau mencapai 30.6 persen.

 

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022