Pandeglang (AntaraBanten) - Pemerintah Kabupaten Pandeglang menjalin kerja sama dengan Lembaga Penjamin Mutu dan Pendidikan (LPMP) untuk meningkatkan kualitas guru di daerah tersebut.

"Kerja sama itu dijalin dalam waktu lima tahun 2010-2015, dan dapat diperpanjang jika memang masih diperlukan," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pandeglang Dadan T Daniel di Pandeglang, Senin.

Menurut dia, bentuk kerja sama itu yakni peningkatan kualifikasi guru melalui pendidikan jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Tujuannya, lanjut dia, meningkatkan hubungan kelembagaan antara para pihak untuk dapat saling menunjang dalam peningkatan kualifikasi guru di Kabupaten Pandeglang.

Kerja sama itu, kata dia, dijalin karena pentingnya guru yang memiliki kualifikasi dalam menunjang peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Pandeglanng.

Pemkab Pandeglang, kata dia, juga mendorong para guru yang belum memiliki ijazah S1 ataupun D-4 untuk melanjutkan pendidikannya.

Dadan menyatakan saat ini  sebanyak 56,31 persen dari 9.600 guru di daerah itu berpendidikan strata 1 atau diploma 4 (S1/D-4).

"Memang masih banyak guru yang belum S1/D-4 atau masih 43,39 persen, dan bagi mereka didorong untuk melanjutkan pendidikan. Saat ini banyak juga yang sedang kuliah sehingga pada 2015 jumlah guru S1/D-4 akan bertambah," katanya.

"Kita menargetkan pada 2015 pendidikan yang S1/D-4 mencapai 65,05 persen, dan dalam beberapa tahun ke depan diharapkan seluruhnya telah sarjana," ujarnya.

Bupati Pandeglang, Provinsi Banten Erwan Kurtubi meminta agar para guru  yang belum memiliki ijazah strata satu (S1) diminta untuk melanjutkan pendidikan hingga meraih gelar sarjana.

Pewarta: Sambas

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015