Delegasi dari sembilan negara anggota Forum Internasional Kemitraan Pemerintah Daerah menghadiri pembukaan Pengelolaan Lingkungan Pesisir dan Lautan di Asia Timur (PNLG) di Kabupaten Tangerang, Banten.

Sembilan negara yang hadir tersebut adalah Malaysia, Filipina, Kamboja, Timor Leste, Korea Selatan, Jepang, China, Vietnam, dan Indonesia.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar sekaligus sebagai Wakil Presiden PNLG 2022 mendapat kesempatan pertama dalam menyampaikan sambutan pada acara itu. Berikutnya Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya akan menjadi pembicara kunci pada forum tersebut dan membuka PEMSEA Expo, dengan Direktur Eksekutif PEMSEA, Aimee Gonzales.

Baca juga: Bupati Tangerang Ahmed Zaki buka PNLG Forum 2022

PEMSEA Network of Local Government (PNLG) Forum 2022 diselenggarakan secara resmi oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang pada 25-29 Oktober 2022. Dalam agenda pertama akan membahas laporan kinerja 2022, program kerja 2023, dan PNLG Strategic Action Plan 2022-2030.

Selain itu, para delegasi akan menyaksikan pengenalan anggota baru, salah satunya keanggotaan Pemerintah Provinsi Gorontalo, dan Deklarasi Tangerang Initiative.

Kemudian, forum ini juga berdiskusi mengenai ICM sebagai kerangka kerja penguatan ketangguhan pesisir untuk keberlangsungan ekonomi kelautan (blue economies) yang dimoderatori Dekan Fakultas Ilmu Perikanan dan Kelautan IPB University, Prof. Luky Adrianto.

Berikutnya pemaparan dari Direktur Eksekutif PEMSEA Aimee Gonzales, yang dilanjutkan Prof. Rokhmin Dahuri, pendiri dan ilmuwan senior pada Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan (PKSPL) IPB University. Pembicara terakhir pada sesi pertama adalah Sekretaris Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Hendra Yusan Siry.

Tercatat banyak pembicara dari dalam dan luar negeri yang mengisi forum-forum selanjutnya selama dua hari, Rabu dan Kamis (27/10). Mereka adalah ilmuwan dan kepala daerah yang memiliki pengalaman dan keberhasilan dalam mengelola pesisir dan lautan.

Selain forum ilmiah, pertemuan PNLG 2022 juga diisi dengan PEMSEA Expo dan kunjungan lapangan para delegasi dan mitra ke PIK 2 di Kosambi dan Ketapang Urban Aquaculture di Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang.

Di Ketapang ini para delegasi akan mengunjungi tempat penanaman mangrove, panen udang, pelepasliaran horseshoe crab alias belangkas, dan acara-acara lain yang akan diakhiri dengan pesta perpisahan pada Jumat (28/10) sore.*




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Delegasi sembilan negara hadiri pembukaan PNLG 2022

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022