Jakarta (Antara News) - Sagami Group jaringan restoran keluarga asal Jepang menyelenggarakan lomba makan soba dalam rangka memeriahkan pembukaan cabang restoran Sagami Soba di AEON Mall BSD CITY pada 30 Mei 2015 mendatang.

"Menu andalan kami adalah soba dan udon, tetapi kami juga menyediakan berbagai pilihan tempura," kata Direktur Operasi Luar Negeri Sagami Group, Kazutaka Sainoki di Jakarta, Rabu.

Soba merupakan makanan yang terbuat dari buckwheat, sejenis gandum dengan kandungan asam amino, kaya dengan flavonoids. Biji-bijian gandum jenis ini mengandung lebih banyak protein dan vitamin dibanding padi dan gandum. 

Buckwheat juga mengandung banyak mineral, magnesium, besi, zinc, tembaga dan manganese. Buckwheat sehat karena tiap mangkok buckwheat yang sudah dimasak mengandung lebih dari 4 gram serat, kata Kazutaka menjelaskan.

Masyarakat Jepang percaya dengan mengkonsumsi soba secara berkala akan menjaga dinding pembuluh darah, mengontrol tekananan darah, serta cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes karena kandungan glukosanya rendah.

Soba sendiri memiliki makna umur panjang karena makanan tersebut berbentuk kecil dan panjang. Cara mengkonsumsinya juga unik dalam tradisi Jepang memakannya dengan cara menyeruput bersama kuah yang disajikan.

Kazutaka mengatakan, soba yang kami sajikan menggunakan bahan-bahan asli terbaik dari Hokkaido, setelah kami olah bahan tersebut disajikan segar setiap hari di restoran.

Soba dikonsumsi bersama dengan kuah kaldu yang disebut dengan dashi. Dashi hanya dapat disajikan oleh koki yang memang sudah terlatih karena harus disaring secara rutin dua kali sehari untuk mendapatkan kualitas terbaik, jelas Kazutaka.

"Dashi sendiri tidak boleh lebih dari empat sampai lima jam. SOP kami kalau sudah lewat pada jam terebut akan kami buang," kata Kazutaka.

Dia menjelaskan, lomba makan soba dimulai pada Selasa (15/5) sampai dengan Kamis (28/5). Pada periode tersebut pelanggan bebas memilih waktu untuk mengikuti kompetisi ini cukup mendaftar dengan biaya Rp70.000.

"Setelah porsi soba pertama kosong, kami akan menyuguhkan lagi demikian seterusnya. Kami akan menghitung mangkuk yang kosong serta berhasil ditumpuk peserta," kata Kazutaka.

Pemenang "Sagami Soba Battle" akan mendapatkan paket trip ke Jepang untuk dua orang bagi pemenang utama, sedangkan pemenang kedua Panasonic TV 50 inch, pemenang ketiga akan mendapatkan Panasonic TV42 inch. Soba Battle ini akan dilanjutkan lagi setelah lebaran.

Sagami didirikan tahun 1970 di Nagoya. Cabang-cabang dari restoran saat ini telah mencapai 266 outlet di Jepang dan 273 total outlet di dunia. Sagami menjadi perusahaan publik pada tahun 1997. Tahun 2004 Sagami mulai membuka restoran pertama di luar Jepang dengan membuka outlet di Shanghai. Jakarta sendiri merupakan restoran ke 273.

Pewarta: Ganet

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015