Tangerang (AntaraBanten) - Sebanyak 31.466 siswa tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kota Tangerang, Banten, mengikuti Ujian Sekolah (US).

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Kota Tangerang, Jamaludin di Tangerang, Senin, mengatakan, pelaksanaan ujian akan dilaksanakan sejak Senin - Sabtu.

Untuk hari Senin hingga Rabu, soal ujian berasal dari Dinas Pendidikan Provinsi Banten dengan materi satu pelajaran setiap satu hari yakni Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Sedangkan untuk hari Kamis - Sabtu, soal ujian dari Dinas Pendidikan Kota Tangerang dengan materi yakni Agama Islam dan PPKN, IPS, Bahasa Inggris dan Budi Pekerti.

Seluruh materi soal ujian telah didistribusikan ke setiap sekolah dengan pengawasan langsung aparat kepolisian.

"Kami memastikan tidak terjadi kebocoran soal karena pengawasan dalam proses distribusi ke sekolah diawasi," ujarnya.

Untuk tingkat kelulusan siswa, Jamaludin mengatakan, nilai yang digunakan yakni dari Rapor dan digabung hasil Ujian Sekolah (US).

"Syarat kelulusan tidak berpatokan pada hasil ujian saja tetapi juga digabung dengan nilai rapor siswa," ujarnya.

Adapun jumlah sekolah yang menyelenggarakan ujian yakni 469 sekolah dasar dengan total 28.866 siswa dan 102 Madrasah Aliyah dengan total 2.600 siswa.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah berharap proses ujian yang dilaksanakan hari ini berjalan dengan lancar tanpa adanya gangguan.

Melalui program Tangerang Cerdas, Pemkot Tangerang juga memastikan bila seluruh warga Kota Tangerang dapat bersekolah karena gratis serta peningkatan sarana gedung sekolah.

"Kita tingkatkan SDM siswa agar bisa sekolah dan fasilitasnya juga. Begitu pula dengan guru sebagai tenaga pendidik yang dibekali pelatihan," ujarnya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015