Tangerang (AntaraBanten) - USAID PRIORITAS menghibahkan buku bacaan kepada sekolah di Tangerang Selatan, Banten, untuk mengembangkan budaya baca.

Ahmad Mardiyanto Prasetyo, Spesialis Pengembangan Sekolah Provinsi Banten USAID PRIORITAS di Tangerang, jumat, mengatakan, pemberian buku untuk mendorong rintisan budaya baca sehingga siswa dapat menerapkan kebiasaan membaca di kelas, sekolah, rumah dan masyarakat.

“Untuk meransang minat baca tersebut, usai memberikan pelatihan di Tangsel, USAID PRIORITAS menghibahkan buku bacaan sebanyak 150 buku per sekolah mitra," ujarnya.

Sementara itu, ada 16 SD/MI mitra yang tersebar di Kecamatan Setu dan Kecamatan Serpong Utara Kota Tangerang Selatan yang ikut dalam pelatihan bersama USAID Prioritas.

Diantaranya SDN Bakti Jaya, SDN Babakan 1, SDI Al Amanah, SDN Muncul 1, SDN Kademangan 1, SDN Kademangan 2, SDN Jelupang 1, SDN Jelupang 2, SDN Jelupang 3, SDN Lengkong Karya, SD Alam Madinah, Nurul Huda, MI Radhautul Jannah, MI Nurul Fallah, MI Mathaul Anwar, MI Yaspita dan MI I”anatul Huda.

Ia menambahkan, USAID Prioritas pun memberikan pelatihan agar sekolah mampu menghitung anggaran yang menunjang pembelajaran dan mengidentifikasi model kepemimpinan sekolah yang mendukung pembelajaran. Selanjutnya hasil pelatihan akan terus dipantau oleh fasilitator daerah dan pengawas sekolah.

Maka itu, dalam pelatiha itu pun para perwakilan sekolah diajak menyusun rencana tindak lanjut sekolah yang mendorong kemajuan sekolah. 

"Indikator kemajuan sekolah ini disusun bersama pengawas, kepala sekolah, guru dan komite sekolah agar pelaksanaan pembelajaran dapat berlangsung kondusif," ujarnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tangerang Selatan, Zaenal Arifin, mengapresiasi USAID PRIORITAS yang berupaya meningkatkan mutu pendidikan melalui berbagai pelatihan yang diberikan seperti pelatihan manajemen sekolah ini. 

Tidak hanya guru yang diberikan muatan pelatihan, tetapi juga kepala sekolah, pengawas dan komite sekolah sehingga terjadi kemitraan dalam memonitor kemajuan sekolah.

"Untuk guru dan kepala sekolah mampu memanfaatkan hasil pelatihan dan menerapkannya demi keberhasilan sekolah yang mandiri dan berkualitas, termasuk madrasah," katanya.

Atang Mulyatin selaku Kepala SDN Jelupang 3 Kecamatan Serpong Utara, mengatakan pelatihan ini bermanfaat dan menambah wawasan untuk mengelola kemajuan sekolah, terutama strategi budaya baca yang akan segera diterapkan usai pelatihan. 

“Jumlah buku di sekolah kami baru 200 buku. Kini kami dapat tambahan hibah buku lagi dari USAID PRIORITAS, tentu kami senang. Setelah pelatihan, saya akan menerapkan program budaya baca di sekolah,” jelas Atang yang memimpin sekolah dengan  jumlah murid sekitar 500 siswa

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015