BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Batuceper melakukan kerja sama dengan Kantor Cabang Bandara Soekarno - Hatta terkait menjaring pengemudi taksi blue bird yang belum memiliki jaminan perlindungan sosial dan peserta

Kepala BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Batuceper Alpian di Tangerang Rabu mengatakan ada beberapa pool taksi di wilayah Kota Tangerang yakni Soewarna Soekarno - Hatta dan tanah tinggi.

Sebagian besar sopir taksi tersebut belum terlindungi jaminan perlindungan sosial dengan terdaftar sebagai BPJS Ketenagakerjaan. Padahal pekerjaan yang dilakukan kategori rentan terhadap risiko jiwa khususnya kecelakaan kerja.

Maka itu BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Batuceper melakukan kegiatan penetrasi pasar pada sektor kemitraan dan sektor informal untuk menjaring target market baru yaknisopir taksi.

"Sosialisasi yang sudah dilakukan, banyak sopir taksi yang kemudian mendaftar. Hal ini setelah diberikan pemahaman mengenai manfaat dan risiko dalam pekerjaan," ujarnya.

Dalam kerjasama ini, BPJAMSOSTEK kantor cabang Batuceper langsung membuatkan kartu peserta dilokasi pool taksi dan peserta membayar melalui aplikasi yang mereka punya LINK aja.

"Kami sebenarnya menyediakan banyak layanan kemudahan untuk pembayaran sehingga nantinya para supir ini bisa membayar secara mandiri sesuai dengan waktu yang ditentukan," ujarnya.

Adapun iuran/premi yang harus dibayar setiap bulannya yakni Rp36.800 dengan rincian jaminan hari tua Rp20.000 dengan manfaatnya dapat hasil pengembangan dan tanpa potongan, jaminan kecelakaan kerja Rp10.000 dengan manfaat ketika terjadi risiko biaya unlimited dan jaminan kematian Rp6.000 diberikan santunan dengan total santunan sebesar Rp42 juta.

"Yang terpenting bagi kami adalah para pekerja mandiri atau pekerja mitra ini memahami sekali pentingnya perlindungan dan juga purna jual dari BPJAMSOSTEK. Kemudian ketika terjadi resiko juga mengetahui harus melapor siapa petugas dan rumah sakit rujukan. Sehingga mereka merasa nyaman dan ada kepastian," katanya.

Kepala Kantor Cabang Pratama Bandara Soekarno Hatta Wahyu Nurhayati menambahkan dari total 3.500 orang pengemudi yang tersebar di sembilan pool taksi blue bird, sebanyak 1.256 orang sudah mendaftar sebagai peserta BPJAMSOSTEK.

“Kami menghimbau agar para pengemudi taksi yang sudah terdaftar mengajak teman-teman antarpengemudi taksi lainnya untuk ikut melindungi diri mereka dengan program BPJAMSOSTEK yang manfaat sudah pasti, aman dan terpercaya," ujarnya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022