Penyakit kanker payudara hingga kini masih momok menakutkan para kaum ‘hawa’. Mayoritas negara di dunia menyatakan bahwa kanker payudara merupakan penyakit ganas penyebab kematian kedua setelah kanker paru-paru.

Oleh sebab itu, guna meringankan beban biaya perempuan kalangan kurang mampu agar segera memperoleh deteksi diri dan penanganan serius, gitaris Gigi Band I Dewa Gede Budjana atau dikenal Dewa Budjana melelang gitarnya yang hasilnya bakal didonasikan untuk penderita kanker payudara bertajuk Dewa Budjana for LovePink.

Lelang gitar Dewa Budjana for LovePink akan berlangsung di Jakarta, Rabu (12/10/2022) dan dihadiri sejumlah petinggi Tanah Air, antara lain Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, eks Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf, seniman Putu Sutawijaya, serta musisi Indonesia.

Dalam acara berlangsung, Dewa Budjana mengatakan, melalui hasil yang diperoleh dari lelang gitarnya diharapkan mampu membantu perawatan perempuan pengidap kanker payudara sehingga mengurangi risiko kematian.

“Akhirnya keinginan meningkatkan kualitas hidup perempuan Indonesia dapat diwujudkan lebih baik lagi sebab mereka adalah kaum yang akan melahirkan anak-anak generasi penerus Indonesia,” ucap Dewa Budjana dalam keterangan yang diterima.

Menurut Dewa Budjana, perempuan Indonesia yang memiliki kualitas kesehatan baik sebab aman dari kanker payudara akan menciptakan generasi berdaya saing unggul pula untuk kemajuan masa depan Indonesia.

“Dari hasil lelang gitar saya, maka akan didonasikan untuk penanganan kanker payudara. Saya berharap upaya ini dapat turut membantu penanganan dan pencegahan penyakit ini,” ujar  Dewa Budjana.

Sedangkan Menhub Budi Karya Sumadi ketika dimintai tanggapannya mengemukakan, ajang yang digelar Dewa Budjana merupakan bentuk nyata kemanusiaan untuk para perempuan Indonesia.

Budi Karya menuturkan, kepedulian terhadap penyakit ganas yang berisiko menjangkiti sumber daya manusia Indonesia, salah satunya kaum perempuan, memang adalah tanggung jawab semua pihak.

“Dengan berkontribusi dalam lelang gitar Dewa Budjana ini maka siapa pun telah berjasa dalam menjaga kesehatan perempuan Indonesia dan membantu kesembuhan yang mengidap kanker payudara,” ujar Budi Karya.

Budi Karya menyebutkan, kesehatan adalah faktor penting dalam merawat keberlanjiutan Indonesia, khususnya para kaum perempuan. Pasalnya, Budi Karya melanjutkan, dari para perempuanlah terbentuk jati diri generasi penerus Indonesia masa depan.

Diketahui, dari data Globocan tahun 2020, jumlah kasus baru kanker payudara bertambah 68.858 atau 16,6 persen dari sebelumnya 396.914 kasus di Indonesia. Sedangkan jumlah kematian mencapai lebih dari 22 ribu jiwa.

Padahal secara medis sekitar 43 persen kematian akibat penyakit kanker bisa dicegah dan dikalahkan bila pasien pengidapnya rutin melakukan deteksi dini dan menghindari faktor risiko penyebabnya.

 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022