Pandeglang (AntaraBanten) - Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi menyatakan akan mengupayakan pengadaan buku paket untuk seluruh siswa mengingat pentingnya hal tersebut bagi siswa agar bisa mengikuti pendidikan secara maksimal.

"Program penyediaan buku paket untuk semua pelajaran di sekolah sudah ada dan ini memang sangat penting," katanya di Pandeglang, Banten, Jumat.

Menurut dia, untuk melaksanakan program tersebut memang tidak mudah karena menyangkut anggaran yang tidak sedikit, tapi karena penting akan direalisasikan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pandeglang Anwar Fauzan menyatakan setiap sekolah didorong untuk menyediakan buku paket/teks mencakup semua pelajaran untuk pegangan siswa.

"Kita memang programkan setiap sekolah, terutama SMP/sederajat agar menyediakan bukut teks mencakup semua bidang pelajaran dengan perbandingan satu set untuk setiap peserta didik," katanya.

Buku paket itu sesuai dengan standar dan sudah ditetapkan kelayakannya oleh pemerintah dan setiap ada perubahan harus dilakukan penyesuaian.

Menurut dia, penyediaan buku teks/paket tersebut merupakan salah satu bagian dari upaya meningkatkan layanan pendidikan guna mewujudkan pendidikan berkualitas di Kabupaten Pandeglang.

Anwar melanjutkan, dari hasil evaluasi terhadap perkembangan pendidikan di daerah itu memang masih belum sesuai harapan walapun sudah ada peningkatan setiap tahunnya baik kuantitas maupun kualitasnya.

"Kita telah telah menyusun beberapa strategi untuk mempercepat peningkatan kualitas pendidikan melalui optimalisasi layanan pendidikan," katanya.

Anwar menyatakan strategi yang perlu dan akan dilaksanakan diantaranya pada setiap SMP/sederajat tersedia satu orang guru untuk setiap mata pelajaran dan untuk daerah khusus tersedia satu orang guru untuk setiap rumpun mata pelajaran.

Kemudian pada setiap SMP/sederajat tersedia guru dengan kualifikasi akademik S1 atau D-IV dan telah memiliki sertifikat pendidik masing-masing satu orang untuk mata pelajaran Matematika, IPA, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Pewarta: Sambas

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015