Pandeglang (AntaraBanten) - Bupati Pandeglang, Erwan Kurtubi menyatakan, investasi dibutuhkan untuk membantu pemerintah dalam mengurangi jumlah pengangguran di daerah itu.

"Jika ada investasi maka akan membuka lapangan pekerjaan, ini berarti jumlah pengangguran akan berkurang," katanya di Pandeglang, Banten, Rabu.

Karena itu, kata dia, pemerintah Kabupaten Pandeglang mengundang investor untuk berinvestasi mengelola berbagai potensi sumber daya alam di daerah ini.

Pemkab, kata dia, juga siap membantu dan memfasilitas investor yang ingin menanamkan modalnya di Pandeglang.

"Kita mengundang investor untuk berinvestasi dan siap membantu mereka, termasuk dalam pengurusan perizinan serta hal lainnya sepanjang merupakan kewenangan pemerintah Kabupaten Pandeglang," ujarnya.

Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Pandeglang, Undang Suhendar menyatakan, jumlah pengangguran di darah itu per akhir 2014 mengalami kenaikan dibandingkan sebelumnya.

"Data per akhir 2014 jumlah pengangguran 57 ribu jiwa atau 12,34 persen dari total penduduk Kabupaten Pandeglang," katanya.

Jumlah tersebut, mengalami kenaikan dibandingkan 2013, karena adanya lulusan sekolah yang tidak melanjutkan pendidikan. Tahun lalu pengangguran  hanya 9,30 persen dari jumlah penduduk.

Meski masih cukup tinggi, namun Pemkab Pandeglang optimistis target pengangguran sampai dengan dengan 2016 tersisa delapan persen, bisa direalisasikan.

"Sampai akhir rencana program pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) 2016 kita targetkan pengangguran tersisa delapan persen, dan saya optimistis bisa diwujudkan," katanya.

Berbagai upaya terus dilakukan untuk merealisasikan target tersebut, diantaranya bekerja sama dengan perusahaan baik yang ada di Pandeglang maupun luar daerah agar bisa menerima tenaga kerja dari daerah itu.

Pewarta: Sambas

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015