Serang (AntaraBanten) - Univeritas Negeri Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) mulai melakukan tahapan pemilihan rektor dengan membuka pendaftaran sejak 16 April dan berakhir 24 April 2015.

Sekretaris Panitia Pemilihan Rektor Untirta Fatah Sulaeman di Serang, Rabu, mengatakan konsep pemilihan rektor Untirta untuk periode 2015-2019 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena hasil keputusan penting pihak senat Untirta dan Panitia memutuskan pemilihan rektor kali ini hanya bisa diikuti oleh internal dan tidak menerima calon dari luar Untirta.

"Konsep pemilihan rektor kali ini, dari kita oleh kita untuk kita. Kami ingin menunjukkan bahwa Untirta sekarang sudah siap dan mampu mengandalkan SDM dari Untirta sendiri," kata Fatah Sulaiman.

Menurutnya, Rektor Untirta saat ini yang dijabat oleh Prof DR Soleh Hidayat akan habis masa jabatannya pada Oktober 2015. Sehingga enam bulan sebelumnya harus sudah dipersiapkan untuk penggantinya.

"Kami sudah melakukan verifikasi terhadap dosen Untirta yang memenuhi syarat menjadi rektor. Dari jumlah dosen yang gelarnya Doktor 89 orang, ada 44 dosen yang memenuhi syarat," kata Fatah.

Kemudian dari yang memenuhi syarat tersebut bisa mengisi formulir pendaftaran dan menyerahkan ke panitia sampai 24 April 2015. Setelah itu diadakan pertemuan teknisi 27 April 2015, untuk penyampaian visi dan misi dan rencana pengaturan pemberkasan administrasi, tes kesehatan, curiculum vitae (CV).

"Pada 20 Mei penetapan bakal calon rektor oleh senat dan mudah-mudahan pada 22 Mei sidang senat terbuka dengan mengundang panelis diantaranya dari tokoh Banten untuk mengetahui visi dan misinya," kata Fatah.

Selanjutnya pada 25 Mei pemilihan calon oleh senat universitas untuk menetapkan tiga nama calon rektor yang akan disampaikan Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi sekaligus mengudang Menristekdikti dan selanjutnya akan diumumkan calon rektor Untirta terpilih pada 11 Juni 2015 dan pelantikan direncanakan pada 7 Oktober 2015.

"Pemilihan rektor ini mengacu pada Permenristekdikti R1 No 1 2015 tentang pemilihan rektor pada perguruan tinggi negeri," kata Fatah.

Sementara Rektor Untirta Soleh Hidayat mengaku siap untuk kembali mencalonkan diri menjadi rektor Untirta periode selanjutnya, mengingat sejumlah jajaran dan koleganya juga memberikan dukungan penuh untuk memimpin Untirta emat tahun berikutnya.

"Untuk menentukan pilihan ini saya tidak sendirian. Di tingkat pimpinan masih banyak support bagi saya untuk memegang amanah memimpin Untirta empat tahun berikutnya. Untuk itu saya bismillah akan ikut menentukan pilihan itu," kata Soleh Hidayat. 

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015