Walikota Serang Syafrudin mengapresiasi kehadiran kampanye anti korupsi yang diselenggarakan oleh KPK sebagai representasi dalam mengedukasi masyarakat di daerah itu.

"Saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya telah memilih Kota Serang untuk menyelenggarakan rangkaian kampanye anti korupsi," kata Syafrudin dalam pembukaan Roadshow Bus KPK 2022 yang bertema "Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi" di Alun-Alun Barat Kota Serang, Jumat.

Baca juga: Bupati Serang: Sinergi Pemda-KPK Miliki Semangat Sama Bangun Masyarakat

Ia mengatakan kegiatan yang merupakan salah satu upaya memberikan edukasi kepada masyarakat luas terhadap bahaya korupsi ini sejalan dengan komitmen Pemerintah Kota Serang dalam memberantas tindak pidana korupsi.

"Korupsi tidak hanya bentuk pelanggaran hukum etika namun bertentangan HAM dan keadilan. Korupsi adalah ancaman, korupsi merusak sendi kehidupan korupsi adalah bentuk kedzaliman,” ungkapnya.

Kendati demikian, lanjutnya, upaya yang dilakukan oleh lembaga antirasuah ini perlu didukung bersama-sama untuk menciptakan daerah yang aman dan nyaman dari segala tindakan kejahatan korupsi.

"Untuk itu edukasi terhadap masyarakat, terhadap bahaya korupsi diperlukan. Ini salah satu upaya preventif dalam mencegah hal itu disamping pemerintah menutup celah korupsi dengan reformasi birokrasi," kata dia.

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron menyampaikan bahwa dalam rangkaian Roadshow Bus KPK 2022 ini ada dua hal yang menjadi fokus dalam kegiatan tersebut.

"Pertama sosialisasi dan kedua untuk menggerakkan dan menggelorakan bahwa korupsi harus bersama-sama kita berantas," katanya.

Ia pun berharap dengan semangat dan komitmen antikorupsi menjadi kepaduan semua elemen. Baik KPK, pemerintah daerah, TNI/Polri, serta masyarakat agar satu padu dalam memberantas korupsi ini.

Pewarta: Mulyana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022