Serang (AntaraBanten) - TNI Angkatan Laut (TNI AL) bersama Pemerintah Provinsi Banten siap melaksanakan Operasi Bakti Bedah Desa Pesisir di wilayah Lantamal III, berlokasi di Desa Teluk, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, 6-7 April 2015.


"Puncak pelaksanaan kegiatan bedah desa pesisir tanggal 7 April 2015. Sejumlah menteri terkait akan datang ke lokasi termasuk para petinggi TNI," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten Suyitno di Serang, Senin.

Ia mengatakan, rencana pelaksanaan bedah desa pesisir tersebut sudah disiapkan, baik berupa bantuan yang akan diberikan kepada para nelayan, maupun terkait kesiapan Pemprov Banten sebagai tuan rumah dalam upaya mendukung program yang dilaksanakan TNI Angkatan Laut (AL) tersebut.

Begitu juga pihak kementerian terkait yang akan datang ke lokasi di Desa Teluk Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, pada 7 April 2015.

"Pemprov Banten juga memberikan bantuan-bantuan sesuai program yang dilaksanakan di sejumlah SKPD terkait. Namun pada intinya Pemprov Banten hanya memfasilitasi kegiatan tersebut, karena lokasinya kebetulan di Banten," kata Suyitno usai rapat kordinasi persiapan bedah desa pesisir tersebut.

Menurut dia, kegiatan bedah desa pesisir tersebut akan diisi dengan berbagai kegiatan seperti pembangunan sarana fisik di Desa Teluk, renovasi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) berupa pemasangan plafond dan lantai, renovasi mushalla dengan meninggikan lantai keramik, renovasi madrasah, pembangunan rumah pintar, pembuatan MCK, pembangunan rumah nelayan, pembuatan sistem pengolahan air laut menjadi air bersih, pembuatan bangunan prasasti dan monumen serta kegiatan lainnya.

"Ini program TNI-AL dan kementerian bekerja sama dengan pemda," kata Suyitno.

Sementara itu Komandan Lanal (Danlanal) Banten, Kolonel Laut Judijanto mengatakan rencana kegiatan operasi bakti TNI AL ini akan bekerja sama dengan Kemenko Maritim, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Pemprov Banten dan Pemkab Pandeglang secara terpadu di wilayah kerja Lantamal III Jakarta.

"Operasi Bakti Bedah Desa Pesisir ini dalam rangka membantu pembangunan daerah, meningkatkan kesejahteraan dan kualitas kesehatan masyarakat lokal, khususnya masyarakat yang berada di wilayah pesisir pantai," kata Judijanto.

Menurut dia, kegiatan tersebut juga dalam rangka memperingati hari ulang tahun Dharma Pertiwi yang akan dihadiri Ny Moeldoko, Kepala Staf TNI AL, Ibu-Ibu menteri kabinet kerja, dengan mengadakan berbagai kegiatan olah raga, parade perahu hias, lomba perahu hias, ruwat laut, pembangunan rumah pintar, bedah rumah, bazar, pelayanan kesehatan dan berbagai bantuan lainnya untuk masyarakat dan lingkungan sekitar.

"Hal ini sebagai perwujudan kemanunggalan TNI/TNI-AL bersama rakyat, guna menumbuhkan jiwa dan semangat kebersamaan dalam pembangunan daerah, serta peningkatan kesejahteraan masyarakat terutama percepatan pembangunan di wilayah pesisir," katanya.

Sekda Banten Kurdi Matin menambahkan bedah desa pesisir tersebut akan disinkronkan dengan beberapa program Pemprov, seperti bantuan bedah rumah, bantuan nelayan, bantuan UMKM dan lainnya.

"Ini salah satu kegiatan kemitraan dengan TNI AL, kita juga ingin memanfaatkan CSR dari perusahaan untuk membantu nelayan. Penataan mulai dari sini, setelah itu dimantapkan di musrenbang, mana saja daerah pesisir yang masih kumuh. Biasanya kumuh itu identik dengan kemiskinan, jadi ini yang harus kita perbaiki," kata Kurdi Matin.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015