Serang (AntaraBanten) - Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) memberikan penghargaan kepada 100 perusahaan yang tidak pernah terjadi kecelakaan kerja (Zero Accident) selama kurun waktu satu tahun dari delapan kabupaten/kota di Banten.


Kepala Disnakertarns Provinsi Banten, Hudaya Latuconsina, di Serang, Jumat, mengatakan pemberian penghargaan 'zero accident' bagi perusahaan tersebut sebagai sarana edukasi dalam rangka memberikan penjaminan atas kelangsungan manajemen kesehatan dan keselamatan kerja di perusahaan sebagai sebuah sistem agar dapat berjalan dengan baik.

"Harapannya jika sistem berjalan dan aturan-aturan dijalankan, maka tidak akan terjadi kecelakaan kerja. Intinya bagaimana mengeliminasi terhadap kemungkinan risiko kerja yang berakibat pada kesehatan dan keselamatan," kata Hudaya.

Ia mengatakan, pemberian penghargaan kepada perusahaan yang nihil kecelakaan kerja rutin dilakukan oleh pemprov di delapan kabupaten/kota, berdasarkan penilaian sesuai data dan fakta di lapangan.

"Tahun ini kita memberikan penghargaan 'zero accident' kepada 100 perusahaan. Memang setiap tahun jumlahnya 100 perusahaan, hanya saja ada perusahaan yang konsisiten menerima dan ada juga yang tidak," kata Hudaya.

Perusahaan yang menerima penghargaan tersebut, mulai dari industri besar, menengah dan kecil dan tidak semua perusahaan mendapat penghargaan tersebut, karena hanya sebagian kecil dari ribuan perusahaan di Banten.

Pengharagaan tersebut sebagai pendorong dan edukasi bagi perusahaan lainnya, agar iklim pekerjaan di suatu perusahaan tercipta dengan baik, keselamatan pekerja dapat terjaga, dan produktivitas meningkat dengan kualitas sangat baik.

Tak hanya memberikan penghargaan zero accident, kata Hudaya, Pemporov Banten juga memberikan penghargaan panitia pembina  keselamatan dan kesehatan kerja kepada 38 perusahaan.

"Perusahaan tersebut diberikan apreasisiasi sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan agar mendapatkan manfaat bukan hanya bagi pekerja, tapi juga semua pihak termasuk perusahaan. Semakin baik tata kelola manajemen  perusahaan maka kesejahteraan akan meningkat," kata Hudaya

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015