Bersama dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Republik Indonesia dan berbagai mitra industri, PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri) hadir meresmikan Politeknik Industri Petrokimia Banten yang berlokasi di Serang, Banten.

Prosesi peresmian institusi pendidikan naungan Kemenperin ini turut dihadiri oleh Masrokhan Inspektur Jenderal Kemenperin dan Arus Gunawan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri Kemenperin.

Didirikannya Politeknik ini merupakan wujud kerja sama antara Kementerian Perindustrian Republik Indonesia dengan perusahaan-perusahaan petrokimia dan berbagai mitra lainnya dalam memaksimalkan penyerapan tenaga kerja lokal untuk bekerja di industri petrokimia. 

Chandra Asri yang merupakan salah satu mitra industri, pada tahun 2018 menghibahkan tanah seluas 2 hektar untuk pembangunan Politeknik Industri Petrokimia Banten. Selain itu, Chandra Asri juga turut berkontribusi dalam proses penyusunan kurikulum dan menyediakan tenaga pengajar ahli dari perusahaan untuk berbagi ilmu dan transfer keahlian kepada para mahasiswa.

Dari total 127 mahasiswa baru yang diterima oleh Politeknik Industri Petrokimia Banten di tahun 2022, ada total 41 mahasiswa yang telah disiapkan untuk nantinya menjalani kerja praktik di Chandra Asri. Kerja praktik umumnya akan dimulai di semester 4 perkuliahan. Mahasiswa tersebut juga nantinya akan menjalani ikatan dinas di Chandra Asri selama 6 tahun.

Sonny Taufan, Plt Direktur Politeknik Industri Petrokimia Banten mengatakan, “PoIiteknik Industri Petrokimia Banten adalah salah satu langkah strategis dalam menghadirkan sumber daya manusia yang kompeten dan berdaya saing di industri petrokimia Indonesia. Mahasiswa yang dipilih dari anak-anak muda yang penuh potensi di Banten. Kami sangat mengapresiasi Chandra Asri dan seluruh mitra industri lainnya yang telah bersama-sama menghadirkan politeknik ini di tengah Provinsi Banten dan kami berharap kemitraan ini dapat memberikan dampak yang positif bagi industri petrokimia di Indonesia".
Simbolis pemakaian almamater oleh perwakilan Politeknik Industri Petrokimia Banten kepada mahasiswa baru. (Susmiatun Hayati)

Suryandi, Direktur Sumber Daya Manusia dan Urusan Korporat Chandra Asri mengatakan, "Chandra Asri selalu berkomitmen untuk menjadi Mitra Pertumbuhan bagi pemerintah maupun masyarakat di mana kami beroperasi. Kontribusi Perusahaan dalam pembangunan Politeknik Industri Petrokimia Banten merupakan wujud komitmen kami dalam mencetak generasi muda yang mumpuni di industri petrokimia dengan memfasilitasi kesempatan mendapatkan Pendidikan dan peningkatan kualitas pendidikan serta mendukung penyerapan tenaga kerja lokal Banten agar lebih maksimal. Dengan demikian akan dapat mendorong pertumbuhan industri petrokimia nasional. Harapan kami, kemitraan ini dapat dirasakan manfaatnya oleh banyak pihak dan memberi semangat kepada anak muda di Banten untuk terus mencetak prestasi".

Pewarta: Susmiatun Hayati

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022