Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melakukan "ground breaking" Mathla’ul Anwar Boarding School (MABS), Minggu, yang merupakan bagian dari pilot project pendidikan Mathla’ul Anwar (MA), berada langsung di bawah Pengurus Besar MA yang secara teknis berada dalam pengelolaan Perguruan Mathla’ul Anwar Pusat Menes, Pandeglang.

Mathla’ul Anwar Boarding School (MABS) adalah kompleks pendidikan terbaru yang dikelola MA  di atas lahan seluas lebih dari 1 hektare merupakan wakaf dari Keluarga almarhum Dr. H. Muhammad Hudori, Sekjen Kemendagri tahun 2020 – 2021. Di dalam Kompleks ini juga akan didirikan Masjid Muhammad Hudori yang peletakan batu pertamanya dilakukan sekaligus hari ini.

Baca juga: Mendag sebut harga sembako relatif stabil usai kenaikan BBM

Di atas lahan ini akan dibangun kompleks pendidikan meliputi pondok pesantren yang memiliki keunggulan dalam bidang tahfidz Al-quran dan keunggulan akademik lainnya, yang rencananya bekerja sama dengan University Sains Islam Malaysia (USIM). Kunjungan Kerja sama MA dengan USIM telah dilakukan pada akhir Agustus 2022 lalu;

Agenda ground breaking, diisi dengan penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) antara Pengurus Besar Mathla’ul Anwar (PBMA) dengan Kementerian Perdagangan RI, penandatangan akte ikrar wakaf dari keluarga almarhum H. Muhammad Hudori (Sekjen Kemendagri 2020-2021) kepada PBMA, serta dimeriahkan dengan bazaar berbagai produk UMK sekitar Pandeglang dan Badan Wakaf MA (BWMA).

Kegiatan tersebut merupakan langkah Mathla’ul Anwar melakukan konsolidasi, sinergi strategis dan penguatan internal menjawab tantangan global masa depan guna meraih kejayaan MA, sepanjang masa

Ground breaking MABS yang dilakukan oleh Mendag Zulkifli Hasan itu, juga dihadiri Ketua Umum PBMA KH. Embay Mulya Syarief, Wakil Ketua MPR RI Yandri Susanto, Pimpinan Baznas Prof. Zainulbahar Noor, sejumlah pejabat Kemendagri dan pejabat Kemendag, Kakanwil Kemenag Banten, serta jajaran pengurus MA dari tingkat Pengurus Besar MA, Pengurus Wilayah MA Banten, Pengurus Daerah MA Pandeglang serta sejumlah Badan Otonom MA meliputi Muslimat MA, Generasi Muda MA, Himpunan Mahasiswa MA, Pandu Cahaya Islam MA, dan Gemawati MA.

Mendag Zulkifil merupakan tokoh nasional yang cukup dekat dengan Mathla’ul Anwar dan telah beberapa kali hadir dalam berbagai acara Mathla’ul Anwar seperti Muswil MA di Banten tahun 2017, Munas Generasi Muda tahun 2015. Terakhir Zulkifli jumpa MA tanggal 2 September 2022 di Jakarta;

Mathla’ul Anwar (MA) adalah Ormas Islam yang didirikan di Menes, Pandeglang pada tahun 1916 oleh sejumlah tokoh ulama pada saat itu diantaranya KH. Entol Muhammad Yasin, KH Mas Abdurrahman dan KH Tb. Muhammad Sholeh dan lainnya.


 

Pewarta: Mansyur Suryana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022