Satuan Tugas (Satgas) Penanganan dan Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Tangerang, Banten menyebutkan sebanyak 3.000 orang dari tenaga kesehatan (nakes) di daerah itu telah menerima vaksinasi COVID-19 dosis tahap keempat atau booster kedua.

"Kemarin kita sudah jalan, sekarang tercatat sekitar 3.000 orang nakes yang sudah terima vaksin booster kedua," ucap Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Tangerang, dr Hendra Tarmizi kepada ANTARA di Tangerang, Rabu.

Ia mengatakan, dari 3.000 orang yang telah menerima vaksin booster kedua saat ini, belum sepenuhnya masuk dalam target sasaran tenaga kesehatan di Kabupaten Tangerang.

Baca juga: Pemkab Tangerang sasar 11.300 nakes vaksin booster kedua

"Jadi jumlah ini belum banyak (nakes) terima vaksin, karena memang jumlah dosis yang di alokasikan dari Pemprov juga belum banyak," katanya.

Ia menyebutkan, dalam pemberian vaksin COVID-19 tahap keempat tersebut sesuai dengan Surat Edaran Kemenkes No.HK.02.02/C/3615/2022 tentang Vaksinasi COVID-19. Maka, pihaknya telah menargetkan sebanyak 11.300 orang nakes jadi sasaran booster kedua

"Ya memang surat edaran dari Kemenkes ini (terkait vaksin booster kedua nakes) sudah kita terima, Dan kita sudah pendataan untuk alokasi ke 11.300 orang nakes," ujarnya.

Ia menuturkan, teknis pelaksanaan dalam pemberian vaksinasi dosis penguat kedua untuk ribuan sumber daya manusia (SDM) kesehatan seperti dokter, perawat, dan pegawai rumah sakit itu dilakukan di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan serta di pos pelayanan vaksinasi COVID-19.

Selain itu, lanjut dia, pada penyelenggaraan tahapan vaksinasi nakes, pihaknya tidak ada target penyelesaian yang ditentukan. Karena, sejauh ini masih terfokus untuk merampungkan program Bulanan Imunisasi Anak Nasional (BIAN).

"Kita tidak ada target, karena saat ini dinas kesehatan masih melaksanakan giat imunisasi anak. Mungkin, setelah itu selesai kita akan genjot vaksinasi nakes," tuturnya.

Namun, ia memastikan, secara keseluruhan dalam kesiapan ataupun alokasi penerimaan vaksinasi penguat bagi nakes yang ada di wilayahnya itu sudah siap.

"Selanjutnya, kalau vaksin penguat kedua untuk nakes ini sudah ada penambahan. kita selesaikan," ungkapnya.

Sementara itu, berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang mencatat capaian vaksinasi COVID-19 tahap pertama saat ini sudah melebihi dari target 70 persen. Karena warga yang kini telah mendapatkan dosis vaksin mencapai 2,2 juta lebih atau sekitar 80 persen dari target sasaran 2,8 juta jiwa.

Sedangkan, capaian vaksinasi dosis lengkap atau tahap ke dua sudah tercatat sebanyak 1,9 juta jiwa atau 67,5 persen.

Kemudian, untuk capaian vaksinasi booster atau tahap ketiga kini baru sebanyak 653.189 ribu jiwa atau mencapai 29.7 persen.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022