Tangerang (AntaraBanten) - PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten, mulai Selasa memberlakukan sistem buka tutup dan satu arah Jalan Perimeter Utara untuk mempercepat pengerjaan perbaikan infrastruktur tersebut.  


Senior General Manager Bandara Soekarno-Hatta, Bram Bharoto Tjiptadi di Tangerang, Senin, menyatakan, pemberlakuan sistem ini dilakukan guna mempercepat proses perbaikan Jalan Perimeter Utara.

"Ini dilakukan untuk kepentingan pengguna jasa. Sistem buka tutup dan satu jalur menjadi pilihan, ketentuan waktu buka tutup bisa berubah menyesuaikan situasi dan kebutuhan lalu lintas," kata Bram.

Ia mengatakan, pemberlakuan sistem buka tutup dan satu arah pada akses di jalan tersebut mulai Selasa (3/3) pukul 00.00 WIB.   

Adapun pemberlakuan mekanisme kebijakan itu yakni pukul  00.00- 12.00 untuk Jalur tujuan Tangerang ditutup. Pukul 12.00-24.00 untuk Jalur tujuan Bandara/Jakarta ditutup.

Sementara itu, Bram menjelaskan, kerusakan jalan perimeter utara antara lain disebabkan oleh banyaknya kendaraan berat yang menggunakan akses tersebut.    

Padahal, jalan hanya didesain untuk kendaraan dengan bobot di bawah lima ton. Untuk itu, berdasarkan kesepakatan dengan Polres Bandara Soekarno-Hatta, proses perbaikan diawali dengan pembuatan portal setinggi 2,1 meter. 

Diperkirakan proses perbaikan jalan sepanjang 7,5 km ini akan memakan waktu hingga tiga minggu.

PT Angkasa Pura II menghimbau untuk sementara hingga waktu perbaikan selesai, pengguna diharapkan mengikuti rambu-rambu petunjuk yang telah dipasang.

"Selain rekayasa lalu lintas dengan adanya petugas kepolisian untuk memandu pengguna jalan, rambu-rambu juga telah dipasang di simpul-simpul kepadatan sebagai bagian dari sosialisasi dan petunjuk jalan," ujarnya.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015