Chandra Asri kembali memberikan beasiswa kepada pelajar berprestasi yang terpilih dari sejumlah kecamatan di Kota Cilegon dan Kabupaten Serang. Para penerima beasiswa tersebut akan mendapatkan biaya kuliah penuh selama 3 tahun, uang saku bulanan, serta menjalani ikatan dinas di Chandra Asri setelah menyelesaikan perkuliahannya.
 
Calon mahasiswa penerima beasiswa berprestasi dari Chandra Asri (Susmiatun Hayati)

Beasiswa untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan D3 Teknik Kimia ini diberikan kepada siswa berprestasi yang terpilih melalui proses seleksi yang ketat. Seleksi yang harus dijalankan peserta yaitu tes pengetahuan matematika, fisika, kimia, dan bahasa Inggris, yang dilanjutkan dengan psikotes, dan proses 
wawancara. 

Sembilan calon mahasiswa yang dinyatakan lulus sebagai penerima beasiswa berasal dari Kelurahan Kepuh, Kelurahan Gunung Sugih, Desa Grogol Indah, Desa Kosambironyok, Desa Anyar, dan Desa Mangunreja.

Program pemberian Beasiswa oleh Chandra Asri merupakan bentuk dukungan Perusahaan untuk menjawab kebutuhan tenaga kerja lokal, khususnya di bidang teknik kimia bagi keberlangsungan industri di Kota Cilegon. 

Lebih lanjut, inisiasi ini juga merupakan bagian dari upaya Perusahaan dalam meningkatkan penyerapan tenaga kerja lokal untuk bekerja di Chandra Asri. Setelah para penerima beasiswa lulus kuliah, nantinya mereka akan menjalani ikatan dinas untuk bekerja di Chandra Asri selama 6 tahun.

Adapun sekolah tinggi Politeknik yang bekerja sama dengan Chandra Asri untuk menerima calon mahasiswa terpilih dalam program beasiswa yang digelar, yakni Politeknik Negeri Bandung (POLBAN) dan Politeknik Negeri Malang (POLINEMA).

Proses seleksi telah berlangsung sejak Februari 2022 dan sembilan mahasiswa terpilih telah diumumkan pada 29 Juli 2022. Pelantikan di POLBAN telah dilaksanakan pada tanggal 2 Agustus 2022 dan pelantikan di POLINEMA berlangsung pada tanggal 22 Agustus 2022.

Arianto Ariandi, Manager Organizational Talent and People Development Chandra Asri menjelaskan bahwa penyelenggaraan program beasiswa kepada pelajar berprestasi di Cilegon telah lama diadakan oleh Chandra Asri. Namun, berbeda dari sebelumnya, tahun ini Chandra Asri memberikan biaya kuliah penuh untuk menempuh 3 tahun pendidikan.

“Chandra Asri berkomitmen menjadi Mitra Pertumbuhan bagi para pemangku kepentingan dan inilah salah satu wujud komitmen kami untuk turut berpartisipasi membangun kualitas sumber daya manusia di Cilegon. Pemberian beasiswa D3 Teknik Kimia kepada 9 mahasiswa terpilih ini diharapkan dapat memotivasi anak muda lainnya untuk terus mengejar pendidikan setinggi-tingginya, serta mengembangkan kota asal mereka yaitu Cilegon dan Serang," kata Arianto.
Calon mahasiswa penerima beasiswa berprestasi dari Chandra Asri (Susmiatun Hayati)

Selain pemberian program beasiswa D3 Teknik Kimia untuk pemuda Cilegon dan Serang, Chandra Asri juga menjadi salah satu mitra industri dalam penerimaan mahasiswa baru tahun 2022 Politeknik Industri Petrokimia Banten yang merupakan perguruan tinggi negeri naungan Kementerian Perindustrian Republik 
Indonesia. Mitra industri sendiri dilibatkan sejak dari proses penyusunan kurikulum, rekrutmen mahasiswa, praktek kerja industri, hingga penempatan kerja di perusahaan mitra tersebut.

Dari penerimaan mahasiswa tahun 2022 di Politeknik Industri Petrokimia Banten, Chandra Asri menargetkan pemberian ikatan dinas kepada 30 mahasiswa D3 Teknik Kimia, 10 mahasiswa D3 Teknik Mesin, dan 5 mahasiswa D3 Teknik Instrumen.

Pewarta: Susmiatun Hayati

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022