Pandeglang (AntaraBanten) - Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi menyatakan irigasi merupakan salah satu faktor penting dalam mendukung pembangunan sektor pertanian.

"Tanpa irigasi yang baik sulit bagi kita untuk membangun sektor pertanian, karena pasokan air salah satu penentu keberhasilan bertani," katanya di Pandeglang, Banten, Senin.

Untuk itu, kata dia, pemerintah Kabupaten Pandeglang terus mengoptimalkan pengelolaan irigasi serta memperbaiki bangunan irigasi yang rusak.

Menurut dia, pemeliharaan dan pengelolaan irigasi dilakukan oleh petugas yang berasal dari masyarakat, dan pemerintah daerah hanya memantau dan mengarahkan proses pemeliharaan tersebut.

Agar pengelolaan irigasi bisa maksimal, kata dia, pemerintah Kabupaten Pandeglang terus meningkatkan kemampuan petugas pemelihara jaringan irigasi tersebut.

Pemkab, kata dia, secara rutin melakukan pelatihan dan pembinaan petugas pemelihara jaringan irigasi tersebut.

"Belum lama ini telah dilakukan pelatihan dan pembinaan terhadap perkumpulan petani pemakai air (P3A) dan petugas operasi dan pemeliharaan (OP), kegiatan sangat penting untuk meningkatkan kemampuan mereka," ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Pandeglang, kata dia, juga berupaya meningkatkan kapasitas irigasi itu guna mendukung pengembangan sektor pertanian yang menjadi andalan dalam meningkatkan perekonomian daerah tersebut.

"Irigasi yang ada akan kita upayakan untuk ditingkatkan kapasitasnya, dan yang mengalami kerusakan diperbaiki, tentunya menyesuaikan dengan anggaran yang tersedia," katanya.

Ia menjelaskan, program peningkatan kapasitas dan rehabilitasi  irigasi dimulai sejak 2011 dan akan terus berlanjut hingga 2016.

Kewenangan pemeliharaan irigasi, kata dia, didasarkan pada luasan areal yang bisa dialiri. Jika luasannya 3.000 hektare ke atas merupakan wewenang pemerintah pusat, 1.000-3.000 ha kewenangan provinsi dan di bawah 1.000 ha kabupaten.

"Untuk yang kewenangan pusat dan provinsi anggaran rehabilitasinya akan diusulkan pada pemerintah pusat dan provinsi," katanya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pandeglang Anwar Fauzan menyebutkan di daerah itu terdapat 642 daerah irigasi dan sebagian berkapasitas di bawah 1.000 ha.

Dari 642 daerah irigasi itu, sebanyak 58 di antaranya dikelola melalui program "participatory irrigation sector project-PISP".

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015