Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Provinsi Banten mengalokasikan anggaran sebesar Rp1 miliar untuk perbaikan jalan alternatif di Desa Talagasari, Kecamatan Balaraja pada tahun 2022.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Tangerang, Iwan Firmansyah di Tangerang, Rabu mengatakan perbaikan kualitas jalan itu telah dianggarkan di APBD Perubahan Tahun 2022 yang kemudian akan dilaksanakan tender pada bulan November mendatang.

Baca juga: Pengemudi ojek di Kota Tangerang dilatih bantu penanganan kecelakaan kerja

"Sudah dianggarkan sebesar Rp1 miliar di APBD Perubahan 2022, nanti bulan September ditender, dan Insya Allah selesai," katanya.

Ia menuturkan, untuk keseluruhan ruas jalan yang ada di Kabupaten Tangerang saat ini kondisinya kurang lebih telah mencapai 80 sampai 90 persen dengan kondisi baik. Sedangkan, lanjutnya 10 persen sisanya dalam kondisi rusak.

Kendati demikian, dengan anggaran yang digelontorkan Pemerintah Daerah saat ini tidak mencukupi untuk menangani seluruh jalan yang rusak.

"Ya, 10 persen nya kan mungkin diantaranya yang itu, kalau dari 1000 kilo 80 persen kan 20 kilo, kalo 2 miliar aja satu anggaran butuh 500 miliar kan gitu" jelasnya.

Ia menambahkan, beberapa ruas jalan yang cepat mengalami kerusakan hingga parah itu disebabkan oleh banyaknya kendaraan dengan muatan besar seperti truk-truk kontener.

"Karena kan di kabupaten Tangerang ini banyak kendaraan yang Overload, kelas jalan kita itu kelas IV kelas III dihajar sama yang tonasenya yang 24 ton, jadi rusak dini," ujar dia.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022