Pemerintah Kota Tangerang bekerja sama dengan Kantor Bahasa Banten (KBB) menggelar Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) bagi aparatur sipil negara (ASN) dan guru di daerah itu selama dua hari, 26-27 Juli 2022.

Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa KBB Aminudin Aziz di Tangerang, Selasa, mengatakan uji kemahiran itu untuk mengukur kemahiran ASN dalam berbahasa Indonesia, baik lisan maupun tulisan.

Baca juga: BPBD Kota Tangerang banyak terima permohonan bantuan evakuasi ular

"Dari hasil uji, kita akan lakukan sosialisasi dan pendampingan lanjutan," kata dia.

Ia menuturkan UKBI tidak berlangsung begitu saja, sedangkan Kantor Bahasa Banten melakukan pendampingan lebih lanjut terhadap mereka sehingga dapat mengetahui progres peningkatan berbahasa Indonesia para ASN di lingkup Pemkot Tangerang.

"UKBI itu betul-betul memiliki validitas yang tinggi, menguji keterampilan dan kemahiran berbahasa seseorang sesuai dengan karakter dirinya, sesuai dengan kompetensinya. Harapannya, ASN dapat lebih mahir dalam berbahasa khususnya saat bersama masyarakat," katanya.

Asisten I Sekretaris Daerah Kota Tangerang Rakhmansyah menyambut baik program dan pendampingan yang dilakukan Kantor Bahasa Banten karena penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar berpengaruh terhadap kelancaran jalannya pekerjaan pemerintahan.

"Kami harap, para ASN atau besok yaitu para guru dapat benar-benar memanfaatkan UKBI yang digelar KBB serta mendengarkan dan mengevaluasi diri atas sosialisasi yang dipaparkan, sehingga kualitas berbahasa Indonesia para ASN dapat meningkat," katanya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022