Serang (AntaraBanten) - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Banten Rano Karno mengajak seluruh aparatur di lingkungan Pemprov Banten meingkatkan etos kerja, memasuki tahun anggaran baru 2015.

"Pada hari ini sudah memasuki minggu ke empat ditahun 2015, semoga momentum pergantian tahun melahirkan spirit dan peningkatan etos kerja yang lebih baik," kata Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Banten Rano Karno pada apel hari kesadaran Nasional tingkat Pemerintah Provinsi Banten di lapangan Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) di Serang, Senin.

Rano mengatakan, dalam konteks tugas yang sudah,sedang dan akan dilaksanakan, terutama berkenaan  dengan program program tahun 2014, para kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di bawah koordinasi Sekretaris Daerah (Sekda) diminta melakukan pengecekan terhadap penyelesaian dan pertanggungjawaban kegiatan.

Menurutnya, bentuk laporan kerja tahunan para kepala SKPD yaitu Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) , Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) dan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD), yang dikoordinasikan oleh SKPD masing-masing yang menjadi 'leading sektornya'.

Sedangkan berkaitan dengan APBD tahun 2015, kata Rano, pada tanggal 9 Januari 2015 telah diserahkan  dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) kepada seluruh SKPD. Dengan demikian SKPD diminta segera melaksanakan penyusunan untuk pelaksanaan program seperti yang telah dikomposisikan dalam struktur belanja kegiatan sesuai tupoksi SKPD masing-masing.

"Langkah-langkah antisipasi dan rencana aksi yang termuat dalam program kegiatan di tiap-tiap SKPD, hendaknya benar-benar menggambarkan implementasi tahapan yang termuat dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah 2012-2017 dan RKPD 2015," kata Rano.

Rano juga mengingatkan untuk kepala SKPD  yang baru mendapatkan amanat menduduki jabatan baru, bahwa sebagai pelaksana operasional dari setiap kebijakan, baik dalam apek pemerintahan umum,pembangunan maupun pembinaan kemasyarakatan, agar melaksanakan tugas dan fungsi sesuai norma serta aturan yang berlaku.

"Setiap pengguna anggaran  harus menjungjung tinggi aspek akuntabilitas," kata Rano.

Upacara hari kesadaran nasional yang dilaksanakan di depan halaman mesjid Al-Bantani KP3B, dihadiri seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015