Pemerintah Kota Tangerang Banten mendorong 100 ribu UMKM yang tersebar di 13 kecamatan untuk memanfaatkan sosial media untuk pemasaran produk agar menjangkau masyarakat lebih luas.

"Yang biasanya secara offline segmen pasarnya hanya di wilayah RT/RW atau kelurahan mungkin penduduknya hanya sekitar 15 ribu, tapi kalau melalui media sosial atau marketplace bisa menjangkau seluruh kota mendekati 2 juta orang bahkan lebih jika kita lihat secara nasional maupun dunia," kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah pada Kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Sosial Media For Bussines secara daring yang dihadiri 200 lebih pengusaha UMKM Kota Tangerang secara daring dan luring di Ruang Akhlakul Karimah Gedung Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Selasa (5/7/22).

Baca juga: Berhubungan saat hamil boleh dilakukan calon ibu tanpa risiko

Wali Kota ingin pengusaha UMKM di Kota Tangerang menjadi pengusaha sukses tidak hanya di Kota Tangerang tapi juga di Banten, Indonesia bahkan dunia.

Ia mengatakan, saat ini internet sangat memudahkan semua kalangan, terlebih dunia usaha. Bukan suatu hal yang tidak mungkin pelaku usaha bisa mengembangkan usahanya melalui jejaring media sosial.

Dikatakannya juga, Pemkot Tangerang juga telah menjalin kerjasama dengan Tokopedia dengan kanal Ayo Rangkul (Tangerang Bangga Komunitas Usaha Lokal) yang menjual produk khusus UMKM Kota Tangerang.

"Selain itu kami juga bekerjasama dengan Gojek untuk memudahkan pilihan pengiriman produk yang ada di Tokopedia, mengingat Gojek juga memiliki fitur pengiriman barang," katanya.

Wali Kota juga berharap para pelaku usaha UMKM di Kota Tangerang mampu menciptakan produk - produk yang berkualitas serta kreatif dan inovatif agar bisa berkembang secara nasional maupun internasional.

"Harapannya produk bapak ibu bisa lebih kompetitif dari segi kualitas maupun harga, karena memang saat ini eranya persaingan atau kompetisi," ujarnya Wali Kota Arief

Berdasarkan data dari Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Tangerang hingga saat ini terdapat 100.014 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang tersebar di seluruh wilayah Kota Tangerang dan bergerak dalam bidang usaha kuliner, fashion, kerajinan, jasa dan lainnya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022