Tangerang (AntaraBanten) - Sejumlah delegasi dari Cities Development Initiatives for Asia mengunjungi TPA Rawa Kucing Kota Tangerang, Banten, untuk melakukan kajian terkait pengolahan sampah.

Sejumlah delegasi yang datang menggunakan satu unit bus tiba di TPA Rawa Kucing dengan didampingi Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah dan beberapa kepala dinas, Selasa.

Para delegasi memantau proses pembuatan kompos yang berasal dari sampah pasar dan pengoperasian alat pengolahan sampah CGC Sapu Jagat.

Setelah itu, Wali Kota Tangerang memaparkan mengenai alat pemanfaatan metan yang telah dirasakan sebagai warga sekitar TPA Rawa Kucing.

Tak cukup sampai disitu, para rombongan kemudian memantau proses sanitary landfill dan Bank Central Sampah (BCS).

Beberapa delegasi sempat menanyakan mengenai proses pengangkutan sampah dari sumber hingga sampai di TPA. Wali Kota Tangerang pun memberikan penjelasan bila dalam pegolahan sampah, Pemkot Tangerang melibatkan warga.

Misalnya saja dengan pembuatan Bank Sampah dan komunitas pengolahan sampah seperti di wilayah Kunciran dan telah berhasil merangkul warga.

Sampah yang dibuang warga, dikelola untuk kemudian didaur menjadi barang berguna bahkan memiliki nilai.

Usai meninjau TPA Rawa Kucing, para rombongan kemudian melihat Bank Sampah di Kunciran. Pasalnya, telah menjadi percontohan daerah bahkan tempat belajar mahasiswa asing.

Perlu diketahui, Kota Tangerang didaulat sebagai tuan rumah Program "Review Committee Meeting Cities Development Initiatives for Asia ( RCM CDIA) pada tanggal 15 - 16 Desember 2014 yang dihadiri delegasi dari berbagai negara.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014